Beranda Match Pertandingan Review Final Inter Island Cup 2014: Arema Bungkam Persib Bandung 2-1

Review Final Inter Island Cup 2014: Arema Bungkam Persib Bandung 2-1

0

Laga yang tertunda Final Inter Island Cup 2014 yang mempertemukan Arema melawan Persib Bandung akhirnya digelar di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Minggu (1/2).

Di awal pertandingan, Arema menurunkan empat gelandang bertahan yaitu Ahmad Bustomi, Hendro Siswanto, Juan Revi dan Ferry Aman Saragih. Pemilihan empat gelandang ini membuat Singo Edan selama babak pertama kewalahan mengatasi serangan Persib yang dibangun lewat sayap.

Di menit ke-10, Tantan yang menang adu lari melawan Victor Igbonefo mampu menusuk dan berhadapan langsung dengan kiper I Made Wardana. Namun, tembakan sang pemain masih melambung di atas mistar.

Arema yang berusaha mencuri peluang melalui serangan balik kerap gagal karena bola dari lini tengah seringkali diumpan secara direct. Dengan postur yang tinggi dari Vladimir Vujovic serta Ahmad Jufriyanto, serangan dari Arema mudah dipatahkan.

Bahkan di akhir babak, Persib hampir saja mencetak gol saat Maycon Calijuri mampu lolos dari kiper, tetapi bola yang dia tembak ke gawang yang sudah kosong mampu diblok oleh Fabiano Beltrame. Bahkan Fabiano juga berhasil menghadang tembakan Atep yang memanfaat situasi bola muntah.

Di babak kedua, Arema mengganti pola permainan. Duet Suharno dan Joko Susilo menggunakan formasi 4-3-3 dengan memasukkan Ahmad Noviandani menggantikan Juan Revi. Perubahan formasi ini berimbas positif karena Arema lebih membahayakan dibandingkan babak pertama.

Arema unggul cepat melalui penalti Fabiano. Hukuman ini berawal dari Toni Sucipto yang menghadang umpan Bustomi kepada Cristian Gonzales menggunakan tangan. Eksekusi Fabiano mulus di sisi kiri kiper meski sejatinya Made Wirawan sudah dalam posisi yang pas.

Namun keunggulan Arema tidak bertahan lama. Menit 75, bek jangkung Persib Bandung, Vladimir Vujovic berhasil menjangkau bola umpan lambung dari Firman Utina. Bola tandukan Vujovic tidak mampu diamankan kiper Arema, Made Wardhana.

Skor 1-1 tidak berubah hingga peluit panjang. 2×45 menit tanpa pemenang, pertandingan berlanjut ke babak extra-time 2×15 menit.

2015_02_01_Arema_Juara
Arema juara

Di babak perpanjangan waktu, petaka terjadi di kubu Persib karena mereka kehilangan dua pemain dilapangan dengan cara yang berbeda.

Hariono harus keluar lapangan setelah melanggar Ahmad Nufiandani, karena sudah mengantongi kartu kuning, wasit Muslimin langsung mengeluarkan kartu merah kedua untuknya. Sementara Firman Utina tidak bisa melanjutkan permainan karena dirinya menderita cedera hamstring.

Unggul jumlah pemain membuat Arema terus menggempur pertahanan Persib. Hasilnya, di menit ke 115, Sengbah Kennedy mampu mencetak gol usai memanfaatkan bola pantul yang disodorkan oleh Gonzales, skor 2-1 tidak berubah hingga wasit meniup peluit.

Susunan Pemain

Arema Cronus: Made Wardhana, Victor Igboenfo, Fabiano Beltrame, Alfarizie, Hasyim Kipuw, Juan Revi, Ahmad Bustomi, Hendro Siswanto, Fery Aman Saragih, Samsul Arif, Cristian Gonzales

Persib Bandung: Made Wirawan, Supardi, Vladimir Vujovic, Achmad Jufriyanto, Tony Sucipto, Hariono, Dedi Kusnandar, Makan Konate, Tantan, Atep, Maycon Calijuri

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.