Home Fokus 2016, Tahun Spesial Beny Wahyudi

2016, Tahun Spesial Beny Wahyudi

1056
0
SHARE
Berpose dengan trophy Piala Presiden 2017 bersama Walikota Malang., 2016/17 menjadi tahun spesial Beny Wahyudi | Foto: Abi Yazid
Berpose dengan trophy Piala Presiden 2017 bersama Walikota Malang., 2016/17 menjadi tahun spesial Beny Wahyudi | Foto: Abi Yazid

2016/17 menjadi tahun spesial Beny Wahyudi. Sosok yang hari ini berulang tahun ke-31 ini terbilang menjalani hari yang menyenangkan.

Dimulai dari turnamen Piala Bhayangkara, Beny berulang tahun sehari setelah Arema mengalahkan Bali United dengan skor 2-1 di Stadion Gianyar. Arema sendiri akhirnya melaju hingga babak final dan menjadi juara setelah menang melawan Persib dengan skor 2-0.

Beny yang di awal musim melakoni diet agar punya berat badan ideal nampaknya bakal menjadi nomor dua di posisinya karena Arema mendatangkan Syaiful Indra Cahya. Namun, persaingan di posisi full-back kiri ini dilakoni dengan santai.

“Kalau dimainkan ya bermain maksimal sesuai intruksi pelatih, kalau cadangan ya tidak masalah karena itu keputusan pelatih,” tegasnya saat itu.

Dan benar, Beny berada di bench Arema di laga perdana Indonesian Soccer Championship 2016 melawan Persiba Balikpapan. Tetapi, nasib baik menghampirinya saat Syaiful mengalami cedera. Beny didapuk menggantikannya menjadi starter.

Meski tampil apik di perjalanan ISC 2016, nama Beny tidak masuk ke dalam skuat seleksi timnas Indonesia sebagai dari Arema. Saat itu, Wolfgang Pikal yang menyusun nama pemain seleksi mengharuskan Arema mengirimkan Ryuji Utomo, Johan Ahmat Farizi, Syaiful Indra Cahya, dan Kurnia Meiga.

Lagi-lagi nasib baik menghampiri Beny, pada 14 Agustus 2016 saat Singo Edan melawan Sriwijaya FC. Beny memberikan assist bagi Gonzales. Gol itu memang tidak memenangkan Arema karena berakhir 1-1, tetapi gaya main Beny sukses memenangkan hati Alfred Riedl yang turut menonton laga itu. Saat itu, Alfred yang pusing memikirkan skema satu klub maksimal dua pemain mendapatkan sosok yang mampu memberikan umpan akurat dari dari belakang. Alasannya, timnas yang baru dikumpulkan tidak cukup untuk melatih skema yang muluk. Bola panjang bakal digunakan untuk Piala AFF yang semakin dekat.

Saat melawan Thailand, 2016 menjadi tahun spesial Beny Wahyudi | Foto: Abi Yazid
Saat melawan Thailand, 2016 menjadi tahun spesial Beny Wahyudi | Foto: Abi Yazid

Beny pun dipanggil ke tim nasional di Piala AFF 2016, uniknya dia adalah satu-satunya pemain yang posisinya murni sebagai bek kanan. Memang ada beberapa pemain yang bisa memainkan peran serupa yaitu Manahati Lestusen ataupun Stefano Lilipaly, tetapi posisi aslinya adalah gelandang bukan bek.

Laga perdana berjalan mulus baginya, karena sosok yang dipuji penyiar Fox Sports dengan sebutan mirip Gary Neville ini memberikan assist dengan umpan silang kepada Lerby Eliandri saat melawan Thailand. Meski akhirnya Indonesia kalah telak 4-2, Beny seperti sukses menyegel tempat di sisi kanan.

Perjalanan Indonesia terus berlanjut hingga final, sudah diketahui pula jika Garuda tidak menjadi juara melainkan berada di peringkat kedua. Tetapi prestasi itu bagi Beny sudah dianggap cukup mengingat persiapan yang mendadak plus kebijakan pemanggilan satu klub dua pemain. Beny mengumumkan diri pensiun dari tim nasional.

Memasuki 2017, Singo Edan berganti pelatih dari Milomir Seslija ke Aji Santoso. Dia pun dimainkan bergantian dengan Syaiful di kanan, dan Beny tetap berprinsip sama seperti sebelumnya, hasil kerja kerasnya diganjar juara trofeo Bhayangkara dan juara Piala Presiden.

Masuk Goal 25 no 22! Ajang pemeringkatan 25 pemain terbaik Indonesia, 2016 menjadi tahun spesial Beny Wahyudi
Masuk Goal 25 no 22! Ajang pemeringkatan 25 pemain terbaik Indonesia, 2016 menjadi tahun spesial Beny Wahyudi

Perjalanan waktu untuk pemain sepakbola memang tidak ada yang tahu, perjuangan saat latihan dan  bermain maksimal ketika diturunkan menjadi kunci kesuksesan. Seperti itulah Beny musim lalu. Apakah 2017/18 akan tetap menjadi tahun spesial Beny Wahyudi? Mari kita tunggu!

Prestasi 2016/17 Beny Wahyudi

  • Juara Piala Bhayangkara 2016
  • Juara Piala Presiden 2017
  • Juara Trofeo Bhayangkara 2017
  • Runner-up Piala AFF 2016
  • Runner-up ISC 2016
  • Peringkat 22 ajang Goal 25

Tinggalkan Komentar