Beranda Fokus Cerita Kop Surat Armada 86, Cikal Bakal Arema

Cerita Kop Surat Armada 86, Cikal Bakal Arema

0

Arema Malang berdiri pada 11 Agustus 1987, jauh sebelum itu Singo Edan sebenarnya sudah ada sebelumnya dan dipersiapkan untuk mengikuti Galatama.

Cikal bakal klub Arema adalah Armada 86, klub yang merupakan anggota Pengcab PSSI Malang yang dimiliki oleh Drik Sutrisno, kalau dulu istilahnya klub anggota Persema.

Armada 86 beralamat di Jalan Karimun Jawa no. 1, Kasin. Klub amatir ini menggunakan Lapangan Sampo yang terletak di Jalan Sempu sebagai tempat latihan. Lapangan itu yang kemudian menjadi tempat latihan tim Arema Malang.

Awalnya, tim Arema dan Armada 86 digabung menjadi Aremada 86. Penggabungan ini ini karena Arema sebagai lisensi dan Armada sebagai penyuplai pemain. Seiring berjalan waktu kemudian nama Aremada 86 dianggap kurang menarik dan berganti menjadi Arema 86. Namun, klub ini sama sekali tidak menjanjikan dari segi permainan karena seringkali kalah ketika menjalani ujicoba.

Karena itu, menjelang kompetisi perdana di Galatama 1987/1988 Singo Edan yang sudah di-akta notariskan melakukan gebrakan dengan mendatangkan sejumlah pemain dari berbagai klub di Indonesia. Tujuannya adalah agar mampu bersaing di kompetisi profesional di Indonesia. Penggunaan nama Arema Malang menghapus Arema 86 ini bisa dianggap mengakhiri kerjasama Arema dengan Armada 86.

Armada 86 sendiri tetap mengikuti kompetisi perserikatan yang digelar PSSI Kota Malang. Seiring berjalannya waktu, klub Armada ini kemudian dibeli oleh IKIP Budi Utomo dan saat ini tim IKIP-lah yang menjadi peserta kompetisi.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.