Beranda Fokus Menyoal Nama Farizi Yang Paling Benar

Menyoal Nama Farizi Yang Paling Benar

Debut Farizi saat melawan Persibo, dia main selama 64 menit sebelum digantikan Zulkifli Syukur
Debut Farizi saat melawan Persibo, dia main selama 64 menit sebelum digantikan Zulkifli Syukur

Beberapa hari yang lalu saya menerima protes dari pembaca perihal nama full-back Arema Johan Ahmat Farizi. Sang penanya menyatakan jika nama yang benar adalah Johan Ahmad Alfarizi.

Tergelitik dengan kesalahan yang terlanjur menjadi benar ini, saya pun bakal menjelaskannya secara panjang lebar tentang asal muasal nama itu.

Kesalahan jika dilakukan secara berulang terutama ditulis oleh media yang besar di negeri ini maka akan menjadi kebenaran. Dan hal itu terjadi dengan nama tersebut. Namun, saya sendiri terus konsisten menulis nama yang benar sang pemain.

Sesuai KTP dan Paspor, sang pemain bernama Johan Ahmat Farizi (tulisan Ahmat menggunakan hurud T bukan D). Nama yang sama juga terdaftar di PT Liga Indonesia sebagai salah satu pemain dari peserta kompetisi.

Debut di Liga Indonesia melawan Persibo, Farizi menggunakan nama punggung ALFARISI dengan nomor 20
Debut di Liga Indonesia melawan Persibo, Farizi menggunakan nama punggung ALFARISI dengan nomor 20

Cukup sulit melacak dan mengetahui siapa yang memulai menambahkan nama sang pemain menjadi Johan Ahmad Alfarizi. Namun, sebagai salah satu saksi dari kehadiran sosok asal Jatiguwi Sumberpucung di lapangan hijau di tahun 2009-an ini. Saya mengingat jika kesalahan nama itu terjadi pada DSP (Daftar Susunan Pemain) yang dibagi sebelum pertandingan oleh PP (Panitia Pertandingan).

Sebagai pemain muda yang namanya tidak terkenal waktu itu, PP menulis nama Johan Ahmad Alfarizi saat sang pemain menjalani debut di ISL 2010/2011 melawan Persibo Bojonegoro 10 Oktober 2010.

Debut yang dimenangkan Arema dengan skor 4-2 itu banyak kawan-kawan media menuliskan nama sesuai dengan DSP yang dibagikan kepada awak media.

Uniknya tim kitman Arema juga kurang tepat dengan nama punggungnya, dengan menggunakan nomor 20 nama penggung tertulis ‘ALFARISI” (huruf S di nama punggung berbeda dengan DSP yang menggunakan huruf Z).

Belakangan nama punggung Farizi ditambahi huruf E menjadi ALFARIZIE dengan nomor 87. (Soal nama punggung tidak ada regulasi khusus, karena beberapa pemain dunia seperti Ronaldinho hingga Kaka tidak menggunakan nama aslinya)

Nama Farizi di PT Liga Indonesia
Nama Farizi di PT Liga Indonesia

Permasalahan terjadi ketika saya memasukkan data pemain baru ke database pemain dari Goal.com. Saya melihat ada perbedaan antara data yang sebenarnya benar milik PT Liga Indonesia dengan yang sudah ada. Tetapi saya tetap melakukan editing dan membenarkan data itu,

Ahmat-Farizi-kto
KTP Farizi yang lama dan belum menggunakan E-KTP, statusnya pun belum kawin.

Sebagai penguat, saya pun coba menanyakan hal itu kepada pemain yang bersangkutan. Hasilnya, Farizi memberikan foto KTPnya. Dari foto tersebut saya pun semakin yakin dengan nama dia dan hingga kini selalu menulis Ahmat Farizi ataupun Johan Ahmat Farizi.

Selain mendapatkan kebenaran, saya juga mendapatkan cerita lucu darinya soal nama itu. Salah satunya adalah penambahan kata Johan. Berikut ini kurang lebih ucapannya.

“Saya dulu namanya ya Ahmat Farizi saja, kemudian ketika kecil saya sering sakit-sakitan sehingga oleh orang tua ditambahkan kata Johan di depannya. Alhamdulillah hal ini membuat saya lebih sehat dan tidak gampang sakit,” tegasnya.

Ditulis: Abi Yazid

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.