Beranda Profil Pemain M Fakhrudin, Si Goyang Gergaji Arema

M Fakhrudin, Si Goyang Gergaji Arema

Fakhrudin mampu mencetak gol krusial atas Shandong Luneng di Liga Champions 2011
Fakhrudin mampu mencetak gol krusial atas Shandong Luneng di Liga Champions 2011

Namanya Muhammad Fakhrudin, tidak ada yang mengenal dia saat dia merapat ke Arema dan mengenakan nomor lima saatu launching di Stadion Kanjuruhan.

Fakhrudin direkrut Arema bukan karena rekomendasi pelatih yang langsung mengontrak, dia datang ke Malang karena menjalani seleksi yang dibuka oleh Arema saat menyambut kompetisi baru. Penampilannya yang bagus di musim 2008/2009 karena mampu membawa Persisam Samarinda lolos ke babak selanjutnya tidak menjadikan jaminan.

Beruntung penampilan dia saat seleksi mampu memikat tim lima, sebuah tim yang di tahun 2009 ditunjuk untuk menyeleksi pemain karena pelatih Arema, Robert Rene Albert belum datang.

Fakhrudin rupanya adalah pemain yang bagus, posturnya yang kecil dan penempatan posisi yang pas membuat dia langsung menjadi tumpuan Arema. Di ujicoba melawan Persid Jember dan Deltras Sidoarjo dia mampu mencetak gol meskipun posisinya di saat itu adalah sayap kanan. Garansi inti pun menjadi miliknya ketika ISL 2009/2010 bergulir.

Sebuah kepercayaan yang diberikan oleh pelatih Arema langsung dia balas, Fakhrudin mencetak gol perdana untuknya dan Arema saat Singo Edan mengalahkan Persija Jakarta di pertandingan pembukaan. Uniknya, di hari itu dia memperkenalkan selebrasi goyang gergaji.

Aksi M Fakhrudin saat melawan Persidafon di Piala Indonesia 2010
Aksi M Fakhrudin saat melawan Persidafon di Piala Indonesia 2010

“Saya sebelumnya tidak pernah melakukan selebrasi sesenang ini, mungkin karena hari ini semua orang di Stadion sangat senang sehingga kami merayakannya, dan saya ingin semua orang mengingat itu, termasuk selebrasinya,” terang Fakhrudin.

Laga-laga berikutnya, Fakhrudin sukses berperan untuk kemenangan Arema. Hingga berakhirnya musim 2009/2010 dia bermain sebanyak 31 kali dengan durasi main selama 2340 menit dengan torehan delapan gol.

Satu hal yang menjadi kelemahan Fakhrudin adalah dia adalah pemain satu babak, Robert sendiri tidak punya banyak waktu untuk membenahi fisiknya karena di saat dia datang kondisinya kompetisi akan dimulai dua minggu lagi. Secara statistik 31 kali menjadi starter, Fakhrudin ditarik keluar sebanyak 16 kali.

“Tidak masalah dia digantikan pemain lain karena saat dia masuk saya ingin dia maksimal dan dia adalah pemain yang fantastis dengan gol dan penempatan posisinya,” tegas Robert.

Ada untungnya saat Fakhrudin ditarik keluar lapangan, karena disaat itu Robert memainkan Dendi Santoso, pemuda berusia 19 tahun yang baru dipromosikan ke tim senior. Dendi bergantian dengan Sunarto dan Firmansyah Aprilianto untuk menempati posisi sayap kiri Arema.

Musim Kedua

Di musim kedua di Arema yaitu 2010/2011, nasib Fakhrudin tidak terlalu baik. Karakter Janu yang ingin pemain yang ngotot di lapangan tidak sesuai dengan karakter pemain asal Sidoarjo itu. Dirinya hanya bermain sebanyak sembilan kali selama semusim dengan enam kali diantaranya digantikan pemain lawan dan tiga sebagai pengganti.

Durasi bermainnya pun menurun drastis dan tersisa hanya 466 menit saja. Meskipun demikian, dia mampu mencetak dua gol yang satu diantaranya terbilang krusial karena menyamakan kedudukan melawan Shandong Luneng di Liga Champions Asia 2011. Saat musim berakhir, Fakhrudin akhirnya memutuskan untuk pindah klub ke Deltras Sidoarjo.

Profil Pemain
Nama LengkapMochammad Fakhrudin
Nama PanggilanFakhrudin
KebangsaanIndonesia
Tanggal Lahir14 April 1982
Tempat LahirSidoarjo, Jatim
Tinggi Badan1.70 m
Berat Badan62 kg
PosisiSayap Kanan
Karier Klub
Sebelum Di AremaPersisam
Setelah Di AremaDeltas Sidoarjo

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.