Beranda Profil Pemain Profil Pemain Syaiful Indra Cahya

Profil Pemain Syaiful Indra Cahya

Syaful Indra Cahya saat diperkenalkan di Arema
Syaful Indra Cahya saat diperkenalkan di Arema

Seorang anak kecil gembira bermain di PS Unibraw 82 yang merupakan klub anggota Pengcab PSSI Kota Malang di turnamen Piala Tirtadarma U-16 di tahun 2008, siapa sangka pemain yang berposisi sebagai bek itu delapan tahun kemudian bakal menjadi pemain Arema, dia bernama Syaiful Indra Cahya.

Syaiful di SSB Unibraw 82, di usia 15 tahun pada 2007 dia sudah memperkuat Tim Nasional
Syaiful di SSB Unibraw 82, di usia 15 tahun pada 2007 dia sudah memperkuat Tim Nasional | Foto: Vall Java

Syaiful yang bergabung dengan tim Suratin Persema U-18 di tahun 2009 masih sering menjadi anak gawang bagi klub Persema Malang di ajang ISL 2009/2010. Karirnya kemudian melesat saat dia direkrut Persema di musim 2011 untuk kompetisi Indonesia Premier League. Dan setahun berikutnya dia bermain untuk Persija IPL.

Syaiful yang sudah membela tim nasional Indonesia sejak usia 16 tahun ini memang sudah terlihat bakatnya sejak kecil. Sebagai pemain asli Malang dia terkenal dengan gaya main yang lugas dan tanpa kompromi. Tidak heran, banyak sekali pelatih yang sudah tahu kemampuan ingin menjadikan dia sebagai pemain.

Dirinya pandai memerankan posisi full-back kiri ataupun kanan. Namun tidak jarang pelatih juga kerap menampilkannya bermain di gelandang bertahan ataupun bek tengah.

Sesi latihan, dia akrab dengan Junda Irawan
Sesi latihan, dia akrab dengan Junda Irawan

“Syaiful ini sebenarnya sudah kita inginkan di tahun 2014, namun kala itu persaingan di lini belakang Arema sangat berat, sementara sang pemain menginginkan jam terbang. Sehingga dia bermain untuk Persik Kediri, tetapi dari Persik dia mendapatkan posisi inti dan itu menjadikan Syaiful pemain yang meningkat dari waktu ke waktu,” tegas manajer Arema Ruddy Widodo.

Syaiful Indra Cahya kini sudah ke Malang lagi, sebagai anak Malang, Arema selalu menjadi keinginan sang pemain.

“Saya senang bisa ke Malang, banyak pertimbangan saat memutuskan untuk bermain di Arema. Salah satunya adalah karena tim ini adalah cita-cita saya. Kemudian pihak keluarga juga ingin saya pindah dan bermain di sini,” tegasnya.

Di posisi belakang, sosok yang lahir tahun 1992 itu bakal bersaing dengan nama-nama yang sudah tenar seperti Hasim Kipuw, Benny Wahyudi ataupun Ahmat Farizi. Namun hal ini tidak lantas dijadikan sebagai beban.

“Semua adalah teman bermain untuk Arema, bermain atau tidak itu urusannya pelatih karena yang terpenting bagi saya adalah semangat untuk menjalani latihan,” tegasnya.

Profil Syaiful Indra Cahya
NamaSyaiful Indra Cahya
KebangsaanIndonesia
Tanggal lahir28 Mei 1992
Tempat lahirMalang
Tinggi Badan1.77 m
PosisiBek Kanan
Karier Klub Junior
2005-2007PS Unibraw 82
Karier Klub Senior
2011Persik Kediri
2011–2012Persija Jakarta (IPL)
2013Persema Malang
2014-2015Persik Kediri
2015Persija Jakarta
2015-Sriwijaya FC
2016-Arena Cronus
Tim nasional
2007Indonesia U-15
2012Indonesia U-21
2012–Indonesia U-23
2013–Indonesia

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.