Beranda Profil Pemain Profil Pemain Thierry Gathuessi, Serba Bisa!

Profil Pemain Thierry Gathuessi, Serba Bisa!

Thierry Gathuessi direkrut Arema pada Indonesia Super League 2013 saat berusia 30 tahun dari Sriwijaya FC. Pemain Kamerun tersebut menjadi bagian pilar penting Arema untuk bertengger di papan atas klasemen.

“Saya ingin mencari pengalaman baru di Indonesia, saya langsung mengatakan iya saat ditawari gabung dengan Arema. Ini adalah klub yang bagus dan punya target tinggi di kompetisi. Dan saya ingin menjadi bagian untuk mewujudkan target itu,” kata Gathuessi saat pertama kali direkrut.

Pemain kelahiran 17 April 1982 itu punya tipikal yang cukup tinggi namun dia juga punya kecepatan untuk mengadang kecepatan striker lawan. Dia juga cukup bagus saat memberikan umpan panjang. Tidak heran dia beberapa kali bermain di posisi full-back kiri. Sebuah posisi yang akhirnya membuat Ahmat Farizi meminta kepada manajemen untuk dipinjamkan ke Persija karena ingin menambah pengalaman.

Di musim pertama membela Arema, pemain kelahiran Bafoussam ini langsung mendapatkan posisi inti, dirinya sering berduet dengan Victor Igbonefo di posisi bek tengah. Tak jarang ketika Purwaka Yudhi dibutuhkan untuk beradu lari dengan lawan, Gathussi digeser di sisi kiri. 2539 menit dia dapatkan di awal musim dengan pelatih Rahmad Darmawan. Hasilnya, Arema ketika itu berada di peringkat kedua dengan kebobolan 33 gol atau nomor setelah Persipura Jayapura dengan 18 kali kebobolan.

Di musim kedua, komposisi lini belakang Arema tidak berubah, Ahmat Farizi sudah kembali dari Persija dan Thierry pun tidak lagi bermain di kiri, dia dipindahkan posisinya oleh Suharno di sisi kanan. Sementara bek tengah baru dia isi saat Purwaka absen.

Di tahun 2014, Gathuessi mencatat 2309 menit bermain. Satu hal yang terjadi di tahun itu dan hingga kini disesalinya adalah saat kram ketika laga semifinal melawan Persib Bandung. Saat itu di menit ke-77 dirinya mengalami kram di kakinya sehingga pelatih Arema menggantikan dia dengan Benny Wahyudi. Tanpa mengecilkan kemampuan Benny, gol Persib akhirnya terjadi di sisi yang ditinggalkan oleh sang pemain yang sepanjang babak sangat sulit ditembus lini depan Persib. Sementara di sisi lain, saat Gathussi keluar, Jajang Nurjaman memasukkan Atep.

“Kalau mengingat kejadian itu saya mengutuk diri sendiri kenapa harus mengalami kram sehingga harus digantikan,” tegas Gathuessi.

Hasilnya, Arema pun akhirnya kalah dengan skor 3-1 melawan Persib dan gagal mewujudkan impian sang pemain untuk menjadi jawara ISL. Di musim 2015, dia tidak diperpanjang oleh Arema dan membela Persiram Raja Ampat. Namun sayang seperti yang diketahui oleh semua, ISL akhirnya dihentikan oleh pemerintah.

Profil Thierry Gathuessi
Nama LengkapThierry Gathuessi
Nama PanggilanGathuessi
KebangsaanKamerun
Tanggal Lahir17 April 1982
Tempat LahirBafoussam
Tinggi Badan1.80 m
Berat Badan
PosisiBek tengah & Full-back
Karier Klub
Sebelum AremaSriwijaya FC
2013-2015Arema
Setelah AremaPersiram
Karier Timnas
1 caps

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.