Beranda Profil Pemain Muhammad Ridhuan, Kecepatan Negeri Singa

Muhammad Ridhuan, Kecepatan Negeri Singa

Muhammad Ridhuan di musim 2011/12 berperan besar menyelamatkan Arema dari degradasi
Muhammad Ridhuan di musim 2011/12 berperan besar menyelamatkan Arema dari degradasi

Muhammad Ridhuan datang di saat persiapan Arema di kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2009 memasuki tahap akhir, dia didatangkan atas rekomendasi Along. Ketika itu Arema yang dilatih oleh Robert Rene Albert kekurangan pemain di sisi sayap.

Dua pemain Arema yang berposisi sebagai pemain sayap yaitu Jalaludin Main dan Muhammad Fachrudin ternyata bertipe kidal. Sehingga sangat sulit untuk dimainkan di posisi kanan.

Akhirnya, berkat usul dari Noh Alamshah, Muhammad Ridhuan yang juga merupakan pemain dari klub Tampines Rovers dan tim nasional Singapura didatangkan. Proses perekrutan Ridhuan terbilang cepat, karena sehari setelah latihan dia langsung mendapatkan kontrak di Arema.

Ridhuan mempunyai kecepatan yang dibutuhkan oleh Arema untuk menyisir dari sisi kanan. Dia juga dibekali dengan umpan akurat dan tembakan yang bagus. Satu hal yang mungkin tidak ada pada dirinya di musim pertama adalah kepiawaiannya dalam membawa bola, sehingga cara mainnya di posisi sayap adalah sekali sentuh dan berlari untuk kemudian diakhiri dengan umpan silang ataupun tembakan ke gawang lawan. Tetapi, di musim kedua atau 2010/2011 dia sudah bisa dengan baik menggiring bola untuk melewati lawan.

Kehadiran Ridhuan di Arema langsung mendapatkan sambutan dari suporter. Aremania selalu memadati stadion ataupun tempat latihan.

Pemain yang lahir pada 6 Mei 1984 itu membela Arema selama empat musim dari 2009 hingga 2012. Dirinya mendapati masa jaya di tiga musim pertama saja.

Di musim 2009, pemain bertinggi 177cm itu mampu mencetak lima gol untuk Arema. Yaitu melawan Persema, Persitara, Pelita Jaya, Persiwa, dan Bontang FC. Menurutnya, gol yang paling dia kenang adalah gol melawan Persitara karena di saat itu laga tersebut dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono.

Di musim 2010/11, dia tetap menjadi andalan Miroslav Janu. Lima gol juga dia lesakkan ke gawang Bontang FC dua kali, Persijap, Persiba Balikpapan, dan Persiwa Wamena.

Trivia Muhammad Ridhuan di Arema
Trivia Muhammad Ridhuan di Arema

Penampilan pemain yang punya berat badan 65kg itu semakin bagus saat musim ketiga, dirinya hanya memperkuat Singo Edan di putaran kedua yang saat itu di dasar klasemen ISL 2011/12. Tetapi dia berhasil membuat empat gol sekaligus menyelamatkan Arema dari jurang degradasi.

Sayang, saat dipegang oleh Rahmad Darmawan. Penampilan dia tidak cocok dengan karakter pelatih. Posisinya juga semakin sulit lantaran ada empat striker yang ada di Arema. Keadaaan itu membuat Beto Goncalves oleh RD disulap bermain di sisi kanan, sementara Ridhuan harus menepi. Total hanya 172 menit saja penampilannya bersama Arema di tahun itu untuk kemudian dipinjamkan ke Persisam Samarinda.

Profil Muhammad Ridhuan

Nama LengkapMuhammad Ridhuan bin Muhammad
Nama PanggilanEwan
KebangsaanSingapura
Tanggal Lahir6 Mei 1984
Tempat LahirSingapura
Tinggi Badan1.77 m
Berat Badan65 kg
PosisiSayap
Karier Klub 
Sebelum AremaTampines Rovers
Arema2009 – 2012
Setelah AremaPersisam

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.