Beranda Fokus Perihal Akta Kelahiran dan Pendirian Yayasan Arema

Perihal Akta Kelahiran dan Pendirian Yayasan Arema

Arema Malang dikenal memiliki angka kelahiran 11 Agustus 1987, meskipun demikian jika ditinjau dari segi hukum sebenarnya pada tanggal itu adalah berdirinya Yayasan Arema bukan PS Arema.

PS Arema Malang sebenarnya sudah eksis sebelum tanggal 11 Agustus 1987, dalam sejarahnya ketika itu Alm Acub Zainal ingin ada sebuah badan yang ‘mengurus’ PS Arema, sehingga didirikanlah Yayasan Arema dengan Akta Notaris Pramu Haryono.

Kali ini Vamos Arema akan sedikit mengulik tentang Akta pendirian yang berjumlah 12 halaman, tujuh bab dan 22 pasal tersebut.

Pendirian Yayasan Arema dilakukan oleh sembilan orang, diantara sembilan orang itu hanya enam saja yang masuk ke dalam akta sementara tiga diantara tidak dimasukkan. Keempat orang itu langsung menjadi pengurus yayasan, yakni Jenderal Acub Zainal sebagai ketua, kemudian Lucky Acub Zainal menjadi wakil ketua. Notaris Pramu Haryono menjabat sekretaris dengan Bendahara Eko Soebekti. Dua orang lain adalah saksi yaitu staf di kantor notaris tersebut yakni Achmad Sodiq dan Sulis Mulyono.,

Kemudian ada tiga orang yang ikut mendirikan Arema namun namanya tidak tercantum. Mereka adalah Ovan Tobing yang saat itu adalah mantan pengurus Persema. Ovan pula yang menyakinkan Sam Ikul untuk mendirikan Arema yang kemudian berkompetisi di Galatama. Kemudian ada Soegiyono yang di tahun itu menjabat sebagai Walikota Malang, sosok yang kerap dipanggil ebes itu sendiri adalah ayah kandung dari Edy Rumpoko Walikota Batu. Kemudian ada Andy Darussalam Tabusala yang menjabat sebagai sekretaris Galatama.

Akta Yayasan Arema halaman pertama, redaksi sendiri memiliki lembar fotokopian. Sementara foto di atas adalah hasil capture dari kawan @aremafc
Akta Yayasan Arema halaman pertama, redaksi sendiri memiliki lembar fotokopian. Sementara foto di atas adalah hasil capture dari kawan @aremafc

Arema didirikan pada Selasa 11 Agustus 1987 karena ada Ir Lucky menghadap Notaris Pramu Haryono. Lucky membawa kuasa lisan dari Ayahanda untuk mendirikan yayasan dengan modal 50 juta. Di tahun itu pula ada Nirwan Bakrie yang memberikan sumbangan sebesar Rp68 juta untuk Yayasan Arema. Dari Nirwan pula Arema punya dana untuk membentuk tim di kompetisi Galatama.

Yayasan Arema 2
Halaman kedua

Di halaman kedua, akta ini menjelaskan tentang nama. Bukan PS Arema atau klub, melainkan Yayasan Arema. Waktu pendirian tanggal 11 Agustus dengan batas berakhir tidak ditentukan lamanya. Menariknya, Yayasan ini ada di Malang dan bisa dibuka cabangnya di wilayah Negara Republik Indonesia.

Yayasan Arema punya azas Pancasila dan UUD 1945 dan berpedoman pada Garis-garis Besar Haluan Negara yang bersifat terbuka dengan dasar kekeluargaan, gotong royong, dan musyawarah mufakat. Sementara maksud dan tujuannya adalah ikut berpartisipasi dengan pemerintah dalam bidang pendidikan keolahragaan sepakbola.

Halaman ketiga
Halaman ketiga

Halaman ketiga dari Akta Yayasan Arema berisi pasal tentang Usaha dan Upaya kemudian berlanjut tentang kekayaan Yayasan yang berasal dari modal awal sebesar Rp50 juta.

Sementara itu, untuk halaman empat dan lima bertuliskan tentang susunan kepengurusan di awal Yayasan. Kemudian di bagian itu di pasal 10 diceritakan tentang tugas, kewajiban, tanggung jawab beserta wewenang Dewan Pengurus.

Yayasan Arema 4
Halaman empat
Yayasan Arema 5
Halaman lima

Melanjutkan dari halaman lima, di halaman enam hingga 11 berisikan tentang aturan-aturan kepengurusan yayasan Arema seperti penanaman modal, tanggung jawab, wewenang, dan lain sebagainya.

Yayasan Arema 6
Halaman enam
Yayasan Arema 7
Halaman tujuh
Yayasan Arema 8
Halaman delapan
Yayasan Arema 89
Halaman sembilan
Yayasan Arema 10
Halaman 10
Yayasan Arema 11
Halaman 11

Di akhir halaman, dijelaskan siapa saja yang menjadi pengurus dan dua saksi dengan diakhiri oleh tanda tangan sang notaris.

Yayasan Arema 12
Halaman 12

 

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.