Beranda Kompetisi Perjalanan Arema Malang di Piala Indonesia 2008/2009

Perjalanan Arema Malang di Piala Indonesia 2008/2009

0
Emeleu Serge saat melawan Persibo di Piala Indonesia 2008
Emeleu Serge saat melawan Persibo di Piala Indonesia 2008

Piala Indonesia 2008/2009 adalah kelanjutan dari ajang cup tahun keempat yang biasa menyertai perhelatan Liga di sebuah negara.

Di tahun keempat ini sponsor utama tetap Perusahaan Rokok Dji Sam Soe sehingga namanya menjadi Copa Dji Sam Soe Indonesia 2008.

Dibandingkan dengan Piala Indonesia 2007/2008, perhelatan kali ini diikiti lebih sedikit klub dengan total 48 saja. Badan Liga Indonesia sebagai operator membagi 48 klub tersebut menjadi empat bagian sesuai dengan wilayahnya masing-masing.

Masing-masing Zona dihuni 12 tim, dengan tiga unggulan berdasarkan kasta divisi dan prestasi masing-masing di Copa tahun lalu. Saat itu  Arema masuk Zona III , dengan anggota Persela Lamongan, Mojokerto Putra, PSS Sleman, Persema Malang
Persik Kediri, Persekabpas Pasuruan, Persiba Bantul, PSIM Yogyakarta, Persibo Bojonegoro, PP Sakti Magelang, Persis Solo.

Sayang, Arema yang saat itu dipertemukan dengan Persibo Bojonegoro tidak mampu melaju ke babak berikut.

Di akhir cerita, Sriwijaya FC mampu tampil menjadi juara Piala Indonesia 2008 setelah final mengalahkan Persipura. Sayang juara itu sedikit ternoda karena Persipura memutuskan mundur di babak kedua karena protes kepada wasit Purwanto.

BERITA PERTANDINGAN PIALA INDONESIA 2008

A. Arema Menang 2-1 Atas Persibo

Arema Malang mendapatkan perlawanan ketat dari Persibo Bojonegero. Meski demikian tim Singo Edan berhasil memetik kemenangan di kandangnya tersebut dengan skor 2-1.

Pada pertandingan leg pertama Babak 48 Besar, Zona III, Copa Dji Sam Indonesia 2008 Sabtu (22/11/2008). Arema menjadi tuan rumah atas Persibo di Stadion Kanjuruhan Malang.

Persibo yang baru sebulan dilatih Sartono Anwar mampu merepotkan pertahanan Arena. Meski demikian, Arema tetap mampu memimpin lewat gol Zulkifli Sukur pada menit ke-28.

Gol tersebut berawal dari umpan Beny Wahyudi yang ditujukan kepada Serge. Namun bola yang terlau kencang tersebut lolos sebelum disambar Zulkifli lewat satu tendangannya.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum. Di babak kedua Persibo mencoba menaikkan tekanan  dan akhirnya membuahkan hasil di menit ke-84 lewat gol Samsul Arif.

Pemain Persibo ini berhasil memanfaatkan umpan terukur dari Morris Power Bayour. Arif berhasil menjebol gawang Arema setelah melewati tiga pemain lawan.

Meski demikian skor imbang 1-1 hanya bertahan lima menit. Sebelum pertandingan usai Serge Emalue memastikan kemenangan Arema setelah meneruskan umpan lambung Benson. (Detik)

Susunan pemain

Arema Malang :
32 Dadang Sudrajat/31 M. Yasir (35), 6 Suroso (kapten), 19 Benny Wahyudi, 16 Achmad Jufriyanto, 4 Hendra Ridwan, 11 Ahmad Bustomi, 15 Zulkifli Sukur/Ahmad Sembiring (63)/Rony Firmansyah (89), 20 Souleymane Traore, 25 Erick Setiawan, 88 Esaiah Pello Benson, 10 Serge Emaleu Ngomgue

Persibo Bojonegoro :
27 Dwi Adi Nugrahanta, 3 Achmad Sumardi, 6 Mohamad Hamzah, 22 Morris Power Bayour, 7 Varney Pas Boakay, 13 Ahmad Aries Tuansyah, 15 Iswandi Da’i (kapten), 9 Samsul Arif/4 Agus Manto (84), 10 Abel C Quioh, 18 Gani Pulhehe, 88 Nurhidayat

B. Persibo Bojonegoro Singkirkan Arema Malang

Tim Liga Super Arema Malang kandas dari Piala Indonesia 2008 di tangan tim Divisi Utama Persibo Bojonegoro. Di leg kedua Tim berjuluk ‘Singo Edan’ itu harus mengakui keperkasaan Persibo dengan skor 1-3, dan kalah agregat 3-4.

Pada partai leg kedua di Stadion Wilis, Madiun, Rabu (26/11/2008), Samsul Arif jadi motor kemenangan Persibo dengan dua gol yang dicetaknya masing-masing pada menit 34′ dan 65′. Varne Pas Boakai menyumbang satu.

Sementara satu-satunya gol balasan dari Arema lahir dari tendangan penalti M. Bachtiar yang dibuat pada menit ke-77.

Laga Persib melawan Arema di Stadion Wilis pada ajang Copa Dji Sam Soe 2008
Laga Persib melawan Arema di Stadion Wilis pada ajang Copa Dji Sam Soe 2008

Dengan kemenangan 3-1, Persibo lolos ke babak 24 besar Copa Dji Sam Soe dengan keunggulan 4-3, setelah di pertemuan pertama kontra Arema kalah 1-2.

Hasil itu diterima dengan lapang dada oleh kubu Arema. Pelatih Gusnul Yakin bahkan mengakui kalau lawan memang tampil lebih baik.

“Kesalahan ini jangan menyalahkan siapa-siapa karena saya yang salah, saya akui sekali lagi Persibo pemain yang bagus bisa bermain dengan tenang ditambah Samsul yang cerdik itu,” jelas Gusnul.

Sementara buat Persibo, kemenangan disebut sang pelatih Sartono Anwar didasari oleh kekompakan timnya yang berambisi untuk menang dan lolos ke babak selanjutnya.

“Saya kira kemenangan mereka bukan karena saya namun karena kekompakan mereka yang ingin tampil 24 besar,” jelas Sartono.(Detik)

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.