Beranda Profil Pemain Kiprah Singkat Fellipe Bertoldo

Kiprah Singkat Fellipe Bertoldo

0
Fellipe Bertoldo (Foto: Abi Yazid)
Fellipe Bertoldo (Foto: Abi Yazid)

“Salam satu jiwa!” begitu pekik seseorang menjawab message dari negeri seberang saat ditawari bergabung dengan Arema. Seseorang dari Brasil yang bernama Fellipe Bertoldo.

Pemain yang lahir 5 Januari 1991 sangat antusias untuk bisa bermain dengan Arema. Menurutnya Arema adalah tim yang cukup besar di Indonesia sehingga bisa mewujudkan ambisinya meraih beberapa gelar mayor. Sebelumnya dirinya juga sudah tidak asing dengan sepakbola Indonesia karena pernah menjadi bagian dari Mitra Kukar di ISC 2016. Namun, dia kemudian pulang ke Brasil dan tidak melanjutkan kerjasama dengan Naga Mekes tanpa diketahui alasannya.

Sebelum dia datang ke Malang, ada situasi yang cukup mengejutkan bagi publik sepakbola Indonesia. Hal ini terjadi karena ada 12 pemain dari Brasil yang menggunakan paspor Timor Leste ilegal pada 19 Januari 2016. Hanya saja pada saat itu keputusan AFC adalah mencekal mereka untuk bermain di timnas Timor Leste di masa yang akan datang. Selain itu, AFC juga membatalkan pertandingan timnas yang sudah dijalani oleh negeri yang baru membangun sepakbolanya itu.

Arema agaknya sempat khawatir dengan situasi ini, namun Alex yang merupakan agen Bertoldo menyatakan kepada manajemen Singo Edan jika mereka tidak perlu khawatir karena 12 pemain itu beberapa diantaranya sudah memperkuat klub di Asia seperti Kuwait, Syiria, hingga Korea Selatan. Sang agen juga memberikan contoh kasus beberapa pemain Indonesia yang bisa bermain di luar negeri kendati Indonesia menjalani sanksi dari FIFA tahun 2015.

21 Januari 2016 dini hari, Fellipe bersama Arthur Cunha tiba di Malang. Mereka langsung menjalani sesi latihan pada hari Senin (23/1). Malamnya manajemen langsung memberikan sodoran kontrak agar kasus Yanto Basna tidak terulang.

Kesan pertama yang didapatkan Aji dari sang pemain adalah skill-nya sangat mumpuni. Dirinya punya kemampuan menggiring bola dengan baik disertai umpan jitu. Feeling Aji rupanya tidak salah, sang pemain langsung cocok dengan karakter permainan dirinya. Hal ini tidak lepas dari keberhasilan Arema saat melakoni lawatan ke Jawa Tengah. Singo Edan mampu menjadi juara trofeo Bhayangkara yang digelar di Solo. Ujian sebenarnya datang dari Piala Presiden 2017, tetapi sang pemain menunjukkan kelasnya sebagai pemain yang berkualitas. Supremasi pramusim tertinggi yaitu Piala Presiden 2017 pun digenggam Arema dengan bintang dari Bertoldo.

Fellipe Bertoldo saat melawan Semen Padang (Foto: Abi Yazid)
Fellipe Bertoldo saat melawan Semen Padang (Foto: Abi Yazid)

Aji pun semakin mantap kepada pilihannya dan menyatakan jika tiga pemain asing termasuk Bertoldo akan menjadi bagian dari Arema untuk Liga 1 musim 2017.

Harapan tinggal harapan, AFC ternyata melihat bahwa ada sembilan dari 12 pemain yang yang sebelumnya menjadi penyebab sanksi untuk Timor Leste masih beredar di Asia dengan paspor Asia, selain Bertoldo ada Diogo Santos Rangel (Songkhla United), Jairo Pinheiro Palmeira Neto (Taliya SC), Junior Aparecido Guimaro De Souza (Sarawak), Patrick Fabiano Alves Nobrega Luz (Kazma SC), Paulo Cesar Da Silva Martins (eks PSM Makassar), Paulo Helber Rosa Ribeiro (ex Bhayangkara FC), Ramon De Lima Saro (Porto Taibesi), Rodrigo Silva (Daegu FC). Karena AFC tidak bisa mencabut paspor mereka akhirnya mengirimkan permintaan kepada pemerintah Timor Leste agar mencabut paspornya.

Keputusan resmi pun datang, AFC menerima surat dari Kementerian Kehakiman Republic Demokratic Timor Leste melalui Kedutaan di Malaysia. Isinya adalah mencabut paspor Timor Leste sembilan pemain itu. Dan menyatakan mereka tidak bisa memperkuat klub di Asia sebagai pemain Timor Leste. Namun, harus menjadi pemain Brasil.

Arema pun segera bergerak, melalui rapat internal diputuskan jika Fellipe Bertoldo akan diserahkan kepada agennya. Dengan demikian Aji memutuskan dua asing Arema yaitu Arthur Cunha dan Esteban Vizcarra aman.

PROFIL FELLIPE BERTOLDO

Nama LengkapFellipe Bertoldo dos Santos
Nama PanggilanBertoldo
KebangsaanBrasil
Tanggal Lahir5 Januari 1991
Tempat LahirSao Paolo, Brasil
Tinggi Badan1.79 m
Berat Badan–
PosisiGelandang
Karier Klub
Klub Sebelum AremaMitra Kukar
2016Arema Malang
Klub Setelah Arema

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.