Beranda Fokus Persib Bandung Juara Indonesia Super League 2014

Persib Bandung Juara Indonesia Super League 2014

Usai sudah panggung Indonesia Super League(ISL) 2014. Kesebelasan Persib Bandung berhasil menjadi pemenang di laga final setelah mengalahkan Persipura pada pertandingan yang digelar pada Jumat, 7 November 2014 di Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang.

Perjuangan Persib untuk memenangkan laga final tidaklah mudah. Sempat tertinggal 0-1, Firman Utina, dkk berhasil mengungguli lawannya 2-1 setelah memanfaatkan celah lini pertahanan Mutiara Hitam pasca Bio Pauline dikartu merah pada injury time babak pertama.

Meski tengah tertinggal tim Mutiara Hitam tak patah arang. Pelatih Mettu Dwaramurry berusaha meningkatkan agresivitas anak asuhannya. Sepuluh menit setelah ia memasukkan Pahabol pada menit ke-69 lahir gol penyama kedudukan yang dicetak Boaz Solossa. Skor 2-2 bertahan hingga babak kedua berakhir.

Pertandingan dilanjutkan hingga babak perpanjangan waktu. Tak ada gol yang terjadi pada babak ini meski sempat terjadi momen penting di menit ke-110, pemain belakang Persib, Vladimir diusir wasit pasca menerima kartu kuning kedua.

Dalam adu penalti, Persib mampu menang 5-3. Lima algojo Persib berhasil menuntaskan tugasnya. Tendangan Konate Makan, Ferdinand Sinaga, Tony Sucipto, Supardi Nasir, dan Achmad Jufriyanto tak mampu digagalkan kiper Persipura, Dede Sulaiman.

Sebaliknya hanya 3 eksekutor dari tim Persipura yakni Boaz Salossa, Yohanes Ferinando Pahabol dan Robertino Pugliara yang sukses menjaringkan bola ke I Made Wirawan. Eksekutor keempat, Nelson Alom gagal mencetak gol penalti setelah tendangannya ditepis kiper Persib.

Berkat kemenangan tersebut, tim Maung Bandung berhasil meraih trofi Liga Super Indonesia untuk pertama kalinya. Jika dihitung sejak format Liga Indonesia diperkenalkan pada tahun 1994 lalu, maka Persib telah meraih gelar kompetisi dua kali di level tertinggi kancah sepakbola Indonesia.

Kemenangan yang diraih Persib seolah mengakhiri penantian panjang selama 19 tahun menunggu gelar juara. Sedangkan Persipura memperpanjang catatan buruknya yang gagal mempertahankan gelar juara sejak ISL digelar pada 2008.

Selain mendapatkan gelar juara, tim Persib Bandung layak bersuka cita, salah satu penyerangnya, Ferdinand Sinaga dinobatkan sebagai pemain terbaik ISL 2014 oleh PT Liga Indonesia. Ferdinand dianggap berperan besar membawa Persib menjadi juara dan berhak menerima bola emas dan uang tunai Rp 100 juta.

Musim ini pemain berusia 26 tahun tersebut bermain sebanyak 19(4 cadangan) kali sebagai pemain inti(1842 menit) dan mencetak 12 gol. Selain itu pemain bernomor punggung 17 tersebut mengoleksi 6 kartu kuning dan 1 kartu merah.

Untuk kategori pencetak gol terbanyak, penghargaan jatuh ke pelukan Emmanuel Kenmogne. Sepanjang musim ini, Kenmogne sukses mencetak 25 gol dari 25 pertandingan untuk Persebaya. Pemain berusia 55 tersebut menerima penghargaan sepatu emas dan uang tunai Rp 100 juta.

Sementara itu diluar lapangan belasan ribu bobotoh merayakan kesuksesan yang diraih tim kesayangannya. Euforia tersebut diikuti pula oleh jutaan pendukung Persib di berbagai media.

Ribuan bobotoh dari beberapa kota di Jawa Barat merayakan kesuksesan Persib dengan menggelar konvoi kendaraan bermotor. Dikabarkan, ribuan bobotoh akan melakukan penyambutan skuad Persib yang akan mendarat di Bandara Husein Sastranegara. Mereka juga siap mengantarkan Firman Utina, dkk hingga tiba di mess Persib, jalan Ahmad Yani, Bandung.

Kemeriahan tak hanya ditunjukkan bobotoh di jalanan. Di social media seperti twitter, linimasa dipenuhi hastag #PersibJuara. Saking populernya hastag tersebut duduk nyaman di tiga besar trending topic seluruh Indonesia sejak semalam. 

Data Pertandingan Final Indonesia Super League 2014

Tanggal : 7 November 2014
Tempat : Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang
Jumlah Penonton : 30.165

Susunan Pemain
Persib: I Made Wirawan; Supardi, Vladimir Vujovic, Ahmad Jufriyanto, Tony Sucipto; Hariono, Firman Utina, Makan Konate, M. Ridwan, Tantan (Atep 66); Ferdinand Sinaga.
Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Persipura: Dede Sulaiman; Bio Paulin, Dominggus Fakdawer, Ruben Sanadi; Tinus Pae, Lim Jun-Sik, Gerald Pangkali (Jaelani 60), I. Wanggai (Alom 95), Robertino Pugliara, Ian Louis Kabes (Pahabol 69); Boaz Solossa
Pelatih: Mettu Dwaramurry

Wasit: Prasetyo Hadi

Profil Persib Bandung

Julukan : MAUNG BANDUNG
Tahun Berdiri : 1933
Alamat : Graha Persib 3rd Floor Jl.Sulanjana No.17
Telepon : 022-4221933
Fax : 022-4221933
Pemilik : GLENN T.SUGITA
Website : www.persib.co.id
Email : info@persib.co.id;doey_dc@yahoo.com

STADION
Nama : Si Jalak Harupat, Soreang
Alamat : Jl.Raya Soreang, Kabupaten Bandung
Kapasitas : 27000

Daftar Prestasi Persib Bandung
8 Besar Asian Club Championship 1995
Juara Divisi Utama Liga Indonesia 1994/95
12 Besar Divisi Utama Liga Indonesia 1995/96
12 Besar Divisi Utama Liga Indonesia 1996/97
8 Besar Divisi Utama Liga Indonesia 2001
Peringkat 3 Liga Super Indonesia 2008/09
Peringkat 4 Liga Super Indonesia 2009/10
Peringkat 4 Liga Super Indonesia 2013
Juara Liga Super Indonesia 2014

1 KOMENTAR

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.