Beranda News Kompetisi Liga 3 2018 Asprov Jawa Timur Mendapatkan Pujian Dari PSSI Pusat

Kompetisi Liga 3 2018 Asprov Jawa Timur Mendapatkan Pujian Dari PSSI Pusat

Kompetisi Liga 3 Asprov Jawa Timur bakal diikuti oleh 49 tim yang bakal memperebutkan 11 tiket ke penyisihan regional Jawa.

0
Launching Liga 3 2018 di Kusuma Agrowisata Batu.
Launching Liga 3 2018 di Kusuma Agrowisata Batu.

Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Timur secara resmi membuka pagelaran kompetisi Liga 3 2018, kompetisi regional tersebut bakal diikuti oleh 49 klub.

Pada peluncuran yang digelar di Hotel Kusuma Agrowisata Batu, Sabtu (26/3) tersebut Jawa Timur mendapatkan pujian dari PSSI Pusat yang diwakili oleh Iwan Budianto. Menurut IB, sapaan akrabya. Jawa Timur adalah salah satu Asprov yang sangat layak untuk dijadikan percontohan daerah lain dalam mengelola sepakbola Indonesia.

“Pak Achmad Riyadh (Ketua Asprov) dan Mas Amir serta pengurus lain sangat luar biasa perannya untuk memajukan kompetisi di wilayahnya. Saya pikir, Jatim adalah satu-satunya Asprov yang pagelaran kompetisinya memiliki dua sponsor besar. Saya berterima kasih kepada Kopi Kapal Api dan Bukalapak yang telah berkomitmen ikut memajukan sepakbola Jawa Timur,” terang IB.

Iwan pun juga memuji cara Asprov Jatim mengelola kompetisi. Diikuti 49 tim, Jatim menjadi wilayah dengan peserta terbanyak untuk menggelar fase regional Liga 3. Meski demikian, mereka tetap tidak melupakan proses administrasi yang baik dan rapi.

“Ada dua kandidat Asprov terbaik di Indonesia, salah satunya adalah Jatim. Indikator penilaian itu ada pada proses administrasi pemain. Di mana Liga 3 ini walaupun dikelola Asprov tetapi pendaftarannya online dan terpusat. Jawa Timur ini sudah menyelesaikan pendaftaran online dengan sangat rapi. Ini tentu menjadi apresiasi karena akan mendapatkan predikat sebagai salah satu Asprov terbaik,” ujar Iwan.

Amir Burhanudi memandu jalannya pembukaan Liga 3 Asprov 2018
Amir Burhanudi memandu jalannya pembukaan Liga 3 2018

Sementara itu, Amir Burhanudin selaku sekretaris Asprov PSSI Jatim menyatakan, saat ini Liga 3 Asprov Jatim bakal diikuti oleh 49 klub dibagi dalam 7 grup. Pertandingan menggunakan sistem kompetisi penuh kandang dan tandang.

“Dari tujuh grup akan diambil 16 tim dengan ketentuan juara dan runner-up masing-masing grup ditambah dengan dua peringkat terbaik. Kemudian 16 tim akan diadu lagi dibagi menjadi empat grup sampai menentukan juara untuk final. Kami dari regional mendapatkan jatah lolos sampai 11 tim, sehingga tim dengan peringkat 1-11 akan lolos mewakili Jawa Timur ke penyisihan regional. Dari regional diambil delapan tim untuk diadu di ajang nasional. Saya berharap delapan tim itu Jawa Timur semua,” harap Amir.

“Seluruh pendaftaran pemain yang menggunakan sistem online sudah terpusat. Liga 3 ini menggunakan 27 pemain U-23 dan tiga pemain senior. Alih status tidak menggunakan aplikasi lagi dan kami siap menggelar kompetisi pada tanggal 1 April mendatang,” tegasnya.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.