Beranda Fokus Lika Liku Kontrak Milan Petrovic

Lika Liku Kontrak Milan Petrovic

Milan usai melawan Metro FC. Konon kabarnya Milan sudah tidak memiliki kuasa pada timnya.
Milan usai melawan Metro FC. Konon kabarnya Milan sudah tidak memiliki kuasa pada timnya.

Pelatih Arema FC saat ini menjadi buah bibir di kalangan Aremania. Melalui tagar #savemilan atau #savepetrovic Aremania menyuarakan agar manajemen memperpanjang kontrak Milan Petrovic.

Milan didatangkan pada 4 April 2018 melalui rekomendasi dari Dusan Momcilovic. Dirinya didapuk untuk berduet dengan Joko Susilo. Pada saat itu manajemen ingin bernostalgia dengan duet Joko Susilo – Suharno yang meraih banyak Piala pada 2014-2015.

Tetapi perjalanan tidak selamanya mulus, hasil buruk yang diderita oleh Arema membuat Joko harus lengser pada 14 Mei 2018. Dengan lisensi UEFA Pro, Milan langsung memegang tampuk kepelatihan Arema.

Milan Petrovic diperkenalkan di Malang.
Milan Petrovic diperkenalkan di Malang.

Milan perlahan membuat Arema perlahan bangkit menapaki perjuangan di Liga 1. Menang, kalah, seri menjadi santapan Milan selama delapan bulan membesut Arema.

Tanpa mengesampingkan perubahan komposisi pemain di putaran kedua. Milan bisa dikatakan memenuhi target dari manajemen untuk lolos degradasi. Lebih dari itu, dirinya juga bisa membawa Arema berada di peringkat lima besar.

Kewenangan Dibatasi

Dari internal tim seperti yang dikutip dari BOLA.com. Sebenarnya peran Milan di tim Arema sudah dibatasi usai Arema bermain imbang 2-2 melawan Borneo FC di pekan ke-20.

Hasil imbang di kandang sendiri saat Arema berulang tahun serta posisi Arema yang belum naik dari zona degradasi membuat manajemen akhirnya memutuskan Kuncoro untuk lebih banyak menghandle tim.

Kuncoro diberi perintah untuk membuat tim menjadi lebih bisa bermain dengan gaya Malangan yang penuh tenaga, hal yang selama ini dianggap hilang.

“Saya ingat waktu itu menjelang pertandingan melawan Persib Bandung diminta untuk lebih banyak mempersiapkan tim dari segi teknis. Saya sempat menolak. Tapi, saya juga tidak mau Arema terdegradasi kalau begitu terus. Dengan modal paham karakter asli Arema yang menerapkan pressing ketat, perlahan saya jalankan tugas itu,” imbuh Kuncoro.

Keberanian menurunkan pemain muda juga dilakukan Kuncoro. Jayus Hariono yang tidak pernah dapat kesempatan bermain di putaran pertama, berani diturunkannya dalam pertandingan besar melawan Persebaya Surabaya. Kuncoro paham betul permainan Jayus sejak dia memperkuat Persekam Metro FC musim lalu.

Tetapi, yang diketahui Aremania tidak sampai sejauh itu sehingga mereka tetap menganggap Milan yang memiliki andil besar dalam kebangkitan Singo Edan jelang kompetisi berakhir.

Secara resmi Milan masih memegang jabatan pelatih kepala. Meski, secara teknis tugas mempersiapkan tim secara teknis sudah tidak dimilikinya.

Kontrak Milan di Arema sudah selesai 4 Desember lalu. Manajemen bahkan bisa langsung memesankan tiket untuk pulang. Namun,sang pelatih menyatakan masih ingin berada di Malang hingga laga melawan Sriwijaya FC, Minggu (9/12).

“Kalimat saya ke Coach Milan sebelum berangkat ke Yogyakarta begini, Coach kontrak anda akan habis tanggal 4 Desember, kalau mau pulang ke Slovenia setelah dari Yogyakarta tidak apa-apa,” ujar Ruddy Widodo dikutip dari Tribunnews.

“Tidak usah menunggu pertandingan terakhir tanggal 9 Desember (lawan Sriwijaya FC),Tapi dia bilang ingin menunggu pertandingan terakhir tanggal 9 nanti. Ya tidak masalah, setelah itu tim libur.”

Akhirnya Kontrak Milan Petrovic Diperpanjang (Sementara)

Sebenarnya Arema bisa terkena masalah apabila Milan tetap berada di bench mendampingi timnya. Hal ini terkait dengan regulasi yang menyebutkan jika pelatih harus memiliki ikatan kontrak jika di bench.

Pelanggaran terhadap hal ini bisa membuat Arema terkena denda hingga 50 juta rupiah.

Arema bisa saja menggunakan case asisten pelatih yang mendampingi tim. Sayang, saat Joko Susilo didepak, ternyata Arema tidak mendaftarkan asisten pelatih.

Opsi kedua dengan didampingi asisten pelatih tidak bisa dilakukan Arema ketika melawan Sriwijaya karena posisi Kuncoro adalah kitman.
Opsi kedua dengan didampingi asisten pelatih tidak bisa dilakukan Arema ketika melawan Sriwijaya karena posisi Kuncoro adalah kitman.

Kuncoro dan Singgih Pitono yang selama ini mendampingi tim didaftarkan sebagai kitman karena regulasi menyebutkan minimal asisten pelatih harus memiliki lisensi AFC B.

Arema pun akhirnya memperpanjang kontrak Milan Petrovic selama seminggu lagi. Kontrak dia bakal berakhir 10 Desember mendatang.

“Untuk menghormati keinginan Milan medampingi tim yang diasuhnya hari ini kita adendum perpanjangan kontraknya sampai 10 Desember,” urai media officer Sudarmaji.

Sementara usai melawan Sriwijaya FC, karir Milan akan dievaluasi dengan kemungkinan 50:50. Meskipun masih bisa bertahan nampaknya Milan sudah mengucapkan salam perpisahan kepada awak media karena punya firasat tidak diperpanjang.

“Mungkin laga melawan Sriwijaya FC menjadi laga terakhir saya,” tegasnya.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.