Beranda Memorabilia Kliping Media KLIPING! Infografis PSS Sleman Melawan Arema Pembuka Liga 1

KLIPING! Infografis PSS Sleman Melawan Arema Pembuka Liga 1

PSS vs Arema FC
PSS vs Arema FC

Kompetisi Liga 1 2019 akan dimulai Rabu (15/5) malam. Tuan rumah PSS Sleman akan tampil pada laga pembuka melawan jawara Piala Presiden 2019 Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Bagi tuan rumah yang berstatus tim promosi, laga ini menjadi jawaban dari penantian yang cukup panjang.

Pasalnya, PSS harus menanti 12 tahun untuk kembali bertarung di kasta tertinggi. Terakhir kali tim Laskar Super Elang Jawa (Elja) bertarung di kasta teratas pada 2007 silam.

Menatap laga perdana ini, PSS sudah mempersiapkan diri secara maksimal. Terakhir, tim asuhan Seto Nurdiyantoro itu melakoni tiga laga uji coba melawan Perseru Badak Lampung FC, PSIS serta Persipura di Stadion Maguwoharjo.

Hasilnya merata, yakni imbang, menang, dan kalah di tiga laga itu. Kelemahan tim pun tentunya sudah dibenahi oleh Seto. Apalagi lawan pertama mereka adalah tim kenyang pengalaman yang baru saja membuktikan kualitasnya dengan menjuarai Piala Presiden 2019.

Secara teknis, performa PSS sebenarnya tengah menjadi sorotan. Terlebih usai kalah 0-2 dari Persipura dalam laga uji coba yang digelar saat launching tim. “Khususnya evaluasi masalah mental pemain yang sempat drop,” kata Seto.

Bahkan untuk membenahi mental pemain ini, seluruh skuat PSS sempat diboyong ke Pondok Pesantren Ora Aji di Sleman untuk pendampingan spiritual. Kini, Seto mengatakan skuatnya dalam kondisi siap tempur.

Hanya saja memang ternyata Seto masih menanti keabsahan empat pemain asingnya. Alfonso De La Cruz, Guilherme Batata, Brian Ferreira dan Yevhen Bohkasvili masih belum tentu dapat diturunkan.

“Kami masih menunggu keabasahan pemain asing untuk dapat diturunkan. Namun yang pasti dengan atau tanpa pemain asing, PSS akan fight untuk hasil terbaik,” Seto menambahkan. Hanya saja memang Batata dipastikan Seto absen karena cedera.

Mengenai kekuatan Arema, Seto mengatakan sang lawan adalah tim pengalaman dengan banyak pemain besar.

“Mereka memiliki Sylvano Comvalius yang juga sempat menjadi top scorer Liga 1. Namun dia pasti butuh adaptasi dan kami yakin tim bagus pun bisa dikalahkan. Tidak ada yang tak mungkin,” ucap Seto.

Ya, Comvalius menjadi sorotan dalam laga ini. Karena Raja Gol Liga 1 2017 itu belum menyumbangkan gol dalam laga pramusim bersama Arema.

“Saya akan lihat situasinya apakah Comvalius siap diturunkan atau tidak,” ucap Milomir Seslija, pelatih Arema. Selain masalah kebugaran, Comvalius pun masih belum bisa beradaptasi dengan permainan tim Arema.

Di sisi lain, Arema memiliki catatan bagus dalam 18 pertandingan perdana sepanjang 20 tahun terakhir. Sejak kompetisi 1999/2000 Arema mencatat 11 kemenangan, lima kali imbang, dan hanya kalah dua kali.

Bahkan tim Singo Edan mempunyai track record bagus dalam lima laga away perdana sejak 2001, yakni dua kali menang, dua kali imbang, dan sekali kalah

“Yang jelas laga ini menjadi pertandingan pembuka, terasa istimewa dan kehormatan bagi Arema, tentu kami tak ingin menyia-nyiakan kesempatan memenangi laga. Meski kami akui, pertandingan pertama seperti biasa tidak mudah bagi semua tim, termasuk Arema,” ucap Milo.

Dalam laga ini Arema minus tiga pemain muda, yakni Utam Rusdiana, Ridwan Tawainella, dan penyerang Ahmad Nur Hardianto karena cedera kaki.

*Sri Nugroho/Noval Luthfianto

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.