Beranda Fokus Tiga Gol Di Timnas U-23, Muhammad Rafli Catat Rekor Baru

Tiga Gol Di Timnas U-23, Muhammad Rafli Catat Rekor Baru

Muhammad Rafli Catat Rekor Baru | Foto: Kompas
Muhammad Rafli Mencetak Hattrick | Foto: Kompas

Gelandang muda Arema FC Muhammad Rafli catat rekor baru untuk Singo Edan. Dia tampil memukau di ajang Merlion Cup yang memperebutkan juara ketiga melawan Filipina dengan mencetak tiga gol, Minggu 9 Juni 2019 di Stadion Jalan Besar Singapura.

Kini, pemain yang masih berusia 21 tahun tersebut membuat rekor baru sebagai pemain Arema pertama yang mampu membuat tiga gol saat membela timnas Indonesia di segala usia pada sebuah turnamen.

Di ajang Merlion Cup, Rafli yang di Arema bermain sebagai gelandang serang ditempatkan sebagai striker oleh Indra Sjafri. Posisi ini sebenarnya tidaklah asing karena dia pernah dilakukan saat membela Indonesia U-19 dan Bhayangkara FC U-21.

“Ya tidak masalah sih menurut saya, hanya sedikit adaptasi saja karena di Arema tidak pernah bermain sebagai striker,” ungkap Rafli.

Di turnamen yang memainkan timnas U-23 ini, kemampuan Ralfi benar-benar di uji. Dia sempat tampil buruk saat dimainkan di babak kedua melawan Thailand. Namun, melawan Singapura peruntungan itu datang. Tak tanggung-tanggung, karena pemain didikan ASIFA itu mencetak tiga gol.

Gol pertama dia cetak menit keenam usai memanfaatkan umpan silang Sani Rizky. Kemudian di menit ke-60 dengan cara yang hampir sama, umpan Yacob Sayuri dari sisi kanan membuat dia melakukan brace. Di menit ke 67, dirinya akhinya mencetak tiga gol dengan memanfaatkan skema umpan satu dua.

“Tiga gol dalam satu laga dan dia bermain di posisi yang bukan posisi biasanya, itu hal yang bagus, buat Rafli, dan juga buat timnas, termasuk buat Arema,” puji asisten pelatih Arema Kuncoro.

Pemain Terakhir Arema yang Mencetak Gol

Sejak didirikan pada tahun 1987, Arema tergolong klub yang rutin mengirimkan pemainnya ke tim nasional. Namun tidak semua pemain itu beruntung mendapatkan kesempatan bermain dari pelatih dan kemudian mencetak gol.

Menilik gol pemain Arema di sebuah turnamen, maka untuk U-23 ada nama Ahmad Nufiandani dengan gol sebagai pemain terakhir yang mencetak gol. Gol itu dia buat kala Indonesia menang 6-1 melawan Kamboja pada SEA Games 2015 Singapura.

Ahmad Nufiandani di SEA Games Singapura 2015
Ahmad Nufiandani di SEA Games Singapura 2015

Pemain U-23 Arema sempat dipanggil di ajang SEA Games 2017 dan Asian Games 2018 yaitu Hanif Sjahbandi dan Bagas Adi. Namun keduanya tidak mampu mencetak gol.

Sementara itu untuk pemain senior, pemain terakhir yang mencetak gol adalah Samsul Arif di ajang Piala AFF 2014. Gol dia buat saat Indonesia menyamakan kedudukan melawan Vietnam di menit ke-84.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.