Beranda Profil Pemain KLIPING! Arif Suyono, Mimpi Si Keceng

KLIPING! Arif Suyono, Mimpi Si Keceng

Tabloid Bola yang tayang di akhir 2007 mengulas pemain muda Arema Malang, Arif Suyono.

0
Arif Suyono di Tabloid Bola
Arif Suyono di Tabloid Bola

Artikel ini tayang di Tabloid Bola, yang menceritakan kesempatan Arif Suyono di timnas pada ajang SEA Games 2007 yang digelar di Thailand 1-14 Desember. Indonesia pada saat itu tersingkir di babak awal karena hanya mendapatkan poin empat. Kalah dengan Thailand dan Myanmar.

Talenta muda berbakat kembali muncul dri bumi Malang. Satu lagi pemain muda Arema. Arif Suyono, membuat pelatih timnas Indonesia jatuh hati.

Dulu tidak banyak orang yang kenal dengannya. Namun, sejak berkiprah bersama Singo Edan pada LI 2005 dan berjasa mengantarkan Arema dua kali menjuarai CDSSI, lambat tapi pasti nama Arif mulai dibicarakan.

Karena permainannya yang konsisten di Liga Champions Asia 2007. Panggilan mengikuti pelatnas SEA Games 2008 pun layaknya sebuah pengesahan kualitas Arif.

“Sudah sejak kecil saya memimpikan bisa membela tim Merah-Putih,” ujar Arif ‘Keceng’ Suyono.

Jalan menuju kursi timnas sebenarnya sudah dirintis sejak 2002 saat ia mengikuti seleksi timnas U-19 di bawah pelatih Bernard Schumm. Jadi, persaingan untuk menempati tim inti pun sudah tidak asing lagi baginya. Bahkan ia sempat pula dipanggil timnas U-23 dalam persiapan pra-Olimpiade lalu.

Namun, lantaran Arema masih membutuhkan Arif di kompetisi LCA, gelandang serang ini harus menangguhkan keinginannya memakai seragam Merah-Putih.

“Kami sudah memohon kepad BLI untuk meminjam pemain yang dipanggil ke timnas untuk LCA,” sebuat M Taufan, asisten manajer Arema kala itu.

Kini bersama koleganya, Richi Pravita Hari, pemain belakang Arema. Keceng kembali dipanggil timnas. Tentu peluang emas ini tidak bisa lagi ditolaknya.

“Karier tertinggi pemain sepakbola adalah membela timnas negaranya dan ini yang saya impikan sejak dulu,” kata Keceng.

Kemampuan Arif berperan sebagai gelandang ataupun penyerang tentu amat menguntungkan mengingat Kolev sepertinya bakal kembali menggelar sistem 4-3-3 di skuad U-23. Selain memiliki kecepatan baik dalam dribel dan sprint, Arif pun piawai membagi umpan.

Berniat Kuliah

Pada big match Arema kontra PSM (5/8) di Makassar, Keceng menyumbang sebuah assist yang membuat Patricio Morales mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

“Dia pemain muda berbakat. Polesan yang tepat akan semakin membuatnya semakin mengkilap,” kata Ponaryo Astaman, kapten timnas.

Selain bermimpi bermain untuk merah putih. Arif juga ingin menapaki dunia pendidikan tinggi.

“Tahun ini saya berencana kuliah di Universitas Terbuka agar bisa tetap bermain sepakbola dan kuliah,” ujar anak kelima pasangan Senen dan Menik ini.

Sebuah cita-cita yang mungkin jarang dimiliki pemain profesional mengingat mereka kini sudah bergelimang dengan materi. Pendidikan baginya tetap penting, sepenting karirnya menekuni sikulit bundar.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.