Beranda Kompetisi Mengenang Turnamen Piala HUT Arema Kelima Tahun 1992

Mengenang Turnamen Piala HUT Arema Kelima Tahun 1992

Arema menjadi juara di turnamen yang mereka gelar sebagai persiapan menuju ke pagelaran Piala Utama 1992.

Arema 1992
Arema 1992

Arema Malang pernah menyelenggarakan pertandingan pemanasan sebelum Kompetisi Galatama 1992/93 digelar. Pertandingan itu dinamakan Piala HUT Arema Kelima.

Turnamen tersebut digelar pada 27-29 Agustus 1992 di Stadion Gajayana yang baru saja selesai dipugar. Selain memperingati Hari Ulang Tahun Arema, turnamen tersebut juga digelar karena tengah memperingati HUT ke-47 Proklamasi Kemerdekaan RI.

Di masa sekarang mungkin gaung turnamen mirip dengan turnamen lokal seperti Bali Island Cup, Trofeo Bhayangkara, ataupun Trofeo Persija.

Panitia turnamen juga turut mengundang Harimau Tapanuli dan Persebaya. Keduanya adalah tim yang kuat di masanya. Harimau Tapanuli adalah tim dari Sumatera Utara yang cukup terkenal. Sebelum mengikuti turnamen Piala HUT Arema Kelima. Hartap menjadi juara turnamen amatir dengan mengalahkan Perbanas dengan skor 2-1 pada 18 Juni 1992.

Persebaya adalah peringkat ketiga kompetisi Perserikatan 1991-1992. Hadirnya Persebaya juga sekaligus menjadi masa persiapan mereka mengikuti kompetisi Piala Utama 1992 yang bakal digelar di bulan Oktober.

Sama seperti Persebaya, Arema sebagai tuan rumah menjadikan turnamen ini sebagai masa persiapan menuju ke Piala Utama. Di sisi lain, Arema juga ingin menyenangkan pendukungnya. Maklum, sebulan sebelumnya mereka baru saja dikalahkan Semen Padang dengan skor 1-0 di Piala Liga yang finalnya digelar di Stadion Tambaksari Surabaya.

Tidak banyak berita atau kliping dari media yang bisa dikulik dari turnamen tersebut. Akan tetapi seorang kawan, komandan Siswinarto menceritakan satu pertandingan yakni di laga pembuka antara Arema melawan Harimau Tapanuli.

“Saya menonton pertandingan Arema melawan Hartap, gol Arema dibuat oleh Panus Korwa, sementara gol Hartap dibuat oleh Iskandar Jalil. Waktu tim Arema masuk seperti biasa lagu Singa Bola, sedang ketika istirahat ada lantunan lagu Harimau Tapanuli,” Jelas Sus.

“Hartap melawan Persebaya tidak nonton dan juga Persebaya vs Arema. Sebenarnya saya mau menonton tetapi saya menjadi ketua panitia Agustus di kampung sehingga pas ada acara sehingga tidak jadi menonton.”

Di akhir turnamen, Arema menjadi juara setelah mendapatkan tiga poin hasil imbang melawan Hartap dan menang melawan Persebaya.

Jadwal dan Hasil Turnamen

  • 27 Agustus 1992 – Arema 1-1 Harimau Tapanuli
  • 28 Agustus 1992 – Harimau Tapanuli 0-1 Persebaya
  • 29 Agustus 1992 – Persebaya 0-2 Arema

Juara : Arema (poin 4)
Pemain Terbaik: Eddy Santoso

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.