Beranda Fokus Asal Usul Julukan Singo Edan

Asal Usul Julukan Singo Edan

Beberapa tahun sejak dilahirkan oleh Alm. Mayor Jenderal TNI (Purn) Acub Zainal dan putranya, Alm. Ir. Lucky Adrianda Zainal, perlahan popularitas Arema Malang semakin berkembang.

Tak hanya karena eksistensinya sebagai tim yang selalu terlibat rivalitas di Kompetisi Galatama, namun Arema juga tumbuh sebagai karakter unik.

Salah satunya adalah munculnya nama Singo Edan sebagai julukan Arema Malang. Proses lahirnya Singo Edan, bermula dari hubungan akrab Lucky Adrianda Zainal atau Sam Ikul dengan para wartawan.

Kala itu Sam Ikul berkisah, dia tengah berada satu mobil bersama sejumlah wartawan, dalam perjalanan menuju Stadion Brantas, Malang (sekarang Kota Batu). Salah satu tema obrolan dengan awak media adalah, mencari julukan untuk Arema.

Satu kata yang lebih dulu muncul adalah Singo atau Singa, sesuai dengan zodiak Arema yang lahir pada Tanggal 11 Bulan Agustus. Layaknya segerombolan anak muda yang sedang guyonan, terlontar usulan-usulan liar dari para jurnalis.

“Sik..sik..(sebentar) Saya lupa siapa wartawan itu. Tapi saya ingat sekali, dia bilang Edan. Singo Edan! Saya langsung setuju. oke setuju?? kita semua setuju sambil ketawa-ketawa. Dari situ lah, Arema punya julukan Singo Edan, “ kisah mendiang Sam Ikul sambil tertawa.

Kata Edan yang melengkapi nama Singo sebenarnya tidak memiliki makna religius. Secara spontan, ide konyol itu terlontar begitu saja dari mulut seorang wartawan. Angka 87 adalah dua digit terakhir, tahun kelahiran Arema yang menjadi simbol Edan (gila) dalam dunia perjudian.

Padahal, bisa jadi, tanpa tanpa sepengetahuan Sam Ikul dan jurnalis, angka 87 ternyata menyimpan hoki. Dalam numerologi China, angka 87, dan bahkan angka 19 adalah digit Yan Nian yang berarti simbol Cinta.

Dikutip dari: Aremachannel

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.