Beranda Memorabilia Kliping Media KLIPING! Johan Prasetyo, Gol Emas Produk Diklat Salatiga

KLIPING! Johan Prasetyo, Gol Emas Produk Diklat Salatiga

Kliping Johan Prasetyo
Kliping Johan Prasetyo

Tabloid bola terbitan 2002 pernah memuat profil dari Johan Prasetyo. Profil tersebut dibuat setelah Johan mampu mencetak gol ke gawang Persita di laga perdana Ligina 2002. Simak saja selengkapnya!

Bukan Jaime Rojas. Bukan pula bintang lain, Aji Santoso yang menjadi pahlawan Arema, Selasa (15/1/2002). Adalah dua pemain fresh, Johan Prasetyo dan Luchman Harsono. Kenapa gol pertama yang diceploskan Johan terasa istimewa?

Selain karena tuan rumah Persita diunggulkan sebab melumat Arema 4-1 pada pertemuan terakhir di Makassar. “Gol emas ini merupakan gol pertama saya di pentas Liga Indonesia Bank Mandiri 2002. Rasanya seperti mimpi,” ujar Johan.

Bagaimana tidak? Ia masih hijau tapi diberi kepercayaan jadi starter oleh pelatih Daniel Roekito. Debutan asal Diklat Salatiga ini memang miskin pengalaman. Daniel merekrutnya untuk mendampingi Marcos Rodriguez dan Joko Susilo.

Johan tampil sebagai starter untuk menggantikan Marcos yang mengalami cedera saat berlatih. “Saya sempat deg-degan, malah sampai keringatan karena takut bikin kecewa Pak Daniel dan manajer Pak Iwan Budianto. Tapi, saya kuatkan diri dan menganggap pertandingan itu seperti latihan biasa,” sebut putra pasangan Basuki dan Khujatun ini.

Pilihan Daniel terbukti tepat, di menit ke-61, lewat aksi individu, ia melewati stoper dan libero tangguh, Olinga Atangna serta Nugroho Adiyanto, sebelum akhirnya menjebol gawang Persita yang dikawal Ahmad Kurniawan.

“Karakternya sesuai untuk Arema, yakni ngotot. Kecepatannya bagus, yang kurang penempatan posisi. Ia perlu jam terbang agar bisa jadi yang matang,” komentar Daniel.

Toh dengan modal itu ia sudah mampu menggeser Joko Susilo. “Justru saya banyak belajar dari Mas Joko. Di Arema tidak ada jarak, pemain senior membimbing pemain muda,” tuturnya.

“Saya tak merasa tersaingi Johan. Dalam proses regenerasi itu bagus. Johan malah memacu motivasi saya agar bisa tampil sebagai starter,” kata Joko.

Tak aneh pula jika Arema menyiapkn Johan guna menjadi taring Singo Edan masa depan. “Maka kami mengontraknya selama tiga tahun,” papar Iwan. (Josep Lopiwudhi/Tabloid Bola)

Catatan Johan Prasetyo Dari Vamos Arema

  1. Gol yang dibuat Johan Prasetyo ke gawang Persita adalah gol yang dibuat oleh pemain termuda tim Arema di era Liga Indonesia. Hingga kini rekor tersebut masih bertahan dan masih sulit untuk dipecahkan. Johan pada saat itu berusia 19 tahun 7 bulan 8 hari.
  2. Johan adalah pemain yang mampu mencetak hattrick termuda untuk Arema. Johan Prasetyo mencetak tiga gol atas kemenangan 5-1 Arema melawan Persikab Bandung pada 24 April 2002 saat masih berusia 19 tahun 10 bulan 17 hari.
  3. Kalau dihitung dari Galatama, Johan adalah pemain termuda kedua setelah Aji Santoso yang mampu mencetak gol. Kedua pemain tersebut juga sempat satu tim di Arema musim 2002.
  4. Selama musim 2002 Johan mencetak 13 gol untuk Arema.
  5. Satu musim bersama Arema, Johan pergi ke Persik Kediri. Konon angka yang dibayarkan Persik mencapai 200 juta untuk membentuk tim Arema 2003.
  6. Saat laga ujicoba musim 2003, ada spanduk yang dibentangkan oleh Aremania, ‘Kami sanggup 500 juta’ begitu bunyinya yang mengomentari pindahnya Johan ke Persik.
  7. Saat ini Johan menjadi ASN untuk Kota Kediri dan menjadi asisten pelatih Persik Kediri.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.