Beranda Fokus Nama yang Benar Rivaldy, Rifaldi, Atau Rivaldi Bawuo?

Nama yang Benar Rivaldy, Rifaldi, Atau Rivaldi Bawuo?

Rifaldi Bawuo saat melakukan selebrasi, lihat nama punggungnya.
Rifaldi Bawuo

Dua hari lalu editor saya di kantor menanyakan perihal nama Rivaldi Bawuo yang paling benar. Dirinya bertanya mengingat banyak sekali unggahan foto saya atas nama sang pemain yang berbeda-beda namanya.

Dalam memberikan nama atau caption di foto, biasanyan saya menulis berdasarkan nama yang ada pada daftar susunan pemain (DSP) yang diberikan oleh panpel sebelum pertandingan.

Uniknya, bisa jadi editor bertanya karena terkadang nama di susunan DSP tesebut berbeda di lain pertandingan.

Menyoal Nama Rivaldi Bawuo

Tidak banyak Aremania yang mengetahui nama sang pemain saat pertama kali bergabung ke Arema di Liga 2018. Maklum pemain kelahiran Gorontalo pada 13 Agustus 1993 bermain di Kalteng Putra di kompetisi Liga 2 2017.

Saat pemberitaan di media massa termasuk wikipedia, nama sang pemain tertulis dengan cukup jelas di bagian judul yaitu, Rivaldi Bawuo.

Nama Rivaldi Bawuo saat di-googling
Nama Rivaldi Bawuo saat bergabung dengan Arema

Nama tersebut juga sama dengan daftar susunan pemain yang biasanya dibagikan saat pertandingan pertama Arema di liga saat melawan Mitra Kukar yang berakhir dengan hasil imbang 2-2.  Tidak heran, Vamos Arema juga menuliskan nama serupa pada profil pemain.

Walaupun sempat terkadang tertulis huruf i diganti menjadi y  menjadi Rivaldy atau kemudian ada tambah h dibelakang menjadi Bawuoh. Awak media nampaknya masih sangat percaya jika nama dengan ejaan ‘Rivaldi Bawuo’ adalah yang benar.

Permasalahan baru terjadi di musim 2018, hal terjadi karena di Liga 1 yang dia kenakan huruf v yang setia menemani awak media diganti menjadi f pada jersey sang pemain.


Pilihan kami


Kami sempat tidak mempermasalahkannya mengingat bisa jadi pencetak nama di jersey Arema salah menempatkan huruf.

Namun, hingga kompetisi dimulai hampir separuh jalan nama tersebut tidak ada perubahan. Bahkan ejaan kata ‘Rifaldi’ rupanya juga tertulis di situs resmi Liga Indonesia.  Tidak heran nama Rifaldi Bawuo kemudian terus saja menghiasi DSP ketika Arema bermain.

Jika mengkorek foto lama di akun instagram pemain, di sana sebenarnya juga ada postingan jersey sang pemain dengan nama punggung Rifaldi B.

Pemain Sebut Nama Berbeda

Seperti biasa kami mencoba menanyakan keabsahan nama pemain kepada sang pemilik yaitu pemain itu sendiri.

Kami pun mendapatkan jawaban yang mengejutkan karena baik media massa atau situs Liga Indonesia selama ini ternyata ada sedikit perbedaan. Yakni ada tambahan huruf h dibelakang Bawuo.

Rupanya Bawuoh adalah nama keluarga sang pemain di Gorontalo. Sehingga jika menulis nama pemain sesuai dengan paspor ataupun KTP, maka nama yang bisa dipakai adalah Rifaldi Bawuo saja tanpa ada tambahan h alias sesuai dengan yang ada di situs PT Liga.

Whatsaap Rifaldi kepada kami
Whatsaap Rifaldi kepada kami

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.