Beranda Fokus Pesan Habib Anis: Stadion Kanjuruhan Harus Ada Tempat Solatnya

Pesan Habib Anis: Stadion Kanjuruhan Harus Ada Tempat Solatnya

Habib Anis
Habib Anis

Arema FC mengadakan Solat Iduladha di depan Kandang Singa pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-32 Arema. Cukup menarik jika melihat isi khutbah dari Habib Anis.

Habib Anis, banyak membuat ajakan bagi Aremania untuk tidak meninggalkan solat ketika menonton pertandingan Arema. Solat adalah kewajiban bagi muslim Aremania dan harus dilaksanakan kendati dalam kondisi menonton pertandingan.

Pertandingan Arema FC memang banyak bersinggungan dengan waktu solat terutama Asar dan Magrib. Saat pertandingan sore biasa dimainkan pada pukul 15.30, namun banyak Aremania yang datang ke Stadion satu jam sebelumnya saat belum memasuki Salat Asar.

Sementara pertandingan yang dimainkan malam banyak digelar jam 18.30. Sama seperti pertandingan sore, banyak Aremania yang masuk stadion jauh sebelum waktu Salat Magrib.

Habib Anis dalam khutbahnya menyatakan jika di Stadion Kanjuruhan perlu banyak Musola yang layak, tidak hanya di VIP atau VVIP saja namun juga perlu di tribun ekonomi. Kondisi yang terjadi sekarang adalah tempat solat untuk ekonomi ada namun kondisinya sangat kotor.

Habib Anis merujuk kepada stadion besar di dunia yang sangat memudahkan penggemar untuk melakukan ibadah solat. Padahal stadion-stadion itu berdiri di negara yang mayoritasnya non muslim.

“Manchester City memiliki tempat solat di Stadion untuk memudahkan para penggemar solat, begitu juga klub raksasa Rusia Rubin Kazan, begitu pula dengan sejumlah klub Liga Inggris lain yang memudahkan suporter untuk melaksanakan solat. Sebagai Aremania muslim yang tinggal di negara mayoritas muslim pasti akan merasa bahagia juga jika di Stadion Kanjuruhan ada fasilitas yang mumpuni, tidak hanya untuk VIP saja namun juga ekonomi. ” pesan Habib Anis.

Di sisi lain, Habib juga mengajak Aremania untuk meramaikan dan memperindah Musola yang ada di Kanjuruhan. Karena dengan Musola yang bersih akan membuat ibadah menjadi mudah.

“Izinkan ayas untuk mengajak Aremania dan Aremanita untuk turut andil dalam bisnis akhirat ini. Untuk memperindah musola-musola yang ada di Stadion Kanjuruhan agar semua Aremania bisa menikmati ibadah solat dengan mudah. Ingat dulur-dulurku, ibadah solat itu tidak jelimet boleh pakai kaos, boleh pakai celana panjang. Yang penting suci dan menutup aurat, solat juga bisa dilakukan di tribun berjamaah dengan Aremania yang lain,” tegasnya.

Berharap Ada Perdamaian Suporter

Selain tentang Solat, Habib Anis juga menyuarakan perdamaian antar suporter. Saat Aremania bisa duduk damai menonton bersama laga melawan Persija di SUGBK. Harusnya Aremania juga bisa berdamai dengan kelompok suporter lain dari Persebaya atau Persib.

“Agar sepakbola Indonesia semakin indah ke depannya, mari kita dukung perdamaian antar suporter. Sama seperti saat Aremania bisa duduk berdampingan dengan The Jakmania, semoga Allah memudahkan bagi Aremania untuk mendukung Arema ketika berlaga di Stadion Persebaya dan Persib,” sambungnya

“Karena sebuah klub sangat ingin didukung oleh suporter fanatiknya. Aremania benar-benar menjadi pemain ke-12 bagi Arema FC, semoga permaian menyertai kita untuk sepakbola Indonesia.”

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.