Beranda Fokus Kapan Bursa Transfer Liga 1 Putaran Kedua Dimulai?

Kapan Bursa Transfer Liga 1 Putaran Kedua Dimulai?

Makan Konate saat diperkenalkan Arema.
Makan Konate saat diperkenalkan Arema.

Bursa transfer Liga 1 putaran kedua menjadi sesuatu yang ditunggu oleh klub maupun suporter di Liga 1. Perubahan susunan pemain ini dianggap sebagai jalan untuk memperbaiki hasil di putaran pertama.

PT Liga Indonesia Baru pada manual Liga 1 2019 menyebut di pasal 23 tentang periode pendaftaran pemain pemain. Di ayat ketiga dijelaskan jika proses pendaftaran pemain untuk putaran kedua berlangsung pada 27 Agustus hingga 16 September 2019.

Meskipun masih akan dibuka sekitar seminggu lagi (dari artikel ini ditulis). Saat ini sejumlah tim sudah berancang-ancang melakukan perombakan daftar susunan pemain, beragam posisi yang tidak sesuai harapan bakal diutak-atik komposisinya.

Jika penjadwalan untuk pembukaan transfer putaran kedua masih lama kurang seminggu lagi. Maka berbeda dengan TMS (Tranfer Matching System) dari FIFA. TMS adalah sebuah sistem yang dibuat oleh FIFA untuk menyatukan transfer pemain antar negara.

TMS dari FIFA untuk Indonesia dibuka pada 19 Agustus hingga 16 September atau seminggu lebih cepat dibandingkan pembukaan.

Salah satu syarat untuk pemain asing untuk dimainkan di Liga 1 adalah terdaftar di FIFA TMS lebih dahulu. Sehingga bisa jadi, pembukaan transfer Liga 1 lebih lambat seminggu dibandingkan FIFA TMS adalah memberikan kesempatan pada klub untuk mendaftarkan ke FIFA baru kemudian ke Liga.

Pemain asal Australia, Nicholas Kalmar saat datang dari putaran kedua.

Jadi, klub yg sudah merekrut pemain (Asing) baru jauh sebelum bursa transfer paruh musim dibuka bisa dengan cepat memainkan pemain barunya.

Pemain Bisa Bermain Tanpa Menunggu Putaran Pertama Selesai

Liga 1 2019 dari jadwal yang sudah disusun akan mengakhiri putaran pertama pada pada 1 September. Jika pendaftaran sudah dibuka pada tanggal 27 Agustus, artinya akan ada beberapa tim yang bisa memainkan pemain barunya pada pekan ke-16 dan 17.

Kejadian ini mirip dengan musim lalu, saat Arema melakukan perombakan. Pada transfer Liga 1 putaran kedua Arema mencoret tujuh pemain dan mendatangkan empat pemain, yaitu Hamka Hamzah, Makan Konate, Alfin Tuasalamony, dan Srdan Ostojic.

Sementara itu, tidak berbeda dengan klub lain. Arema juga tengah bersiap menyambut putaran kedua Liga 1 2019 dengan sejumlah agenda evaluasi pemain.

“Selain mempersiapkan mengakhiri putaran pertama dengan poin yang bagus, Kami jajaran manajemen juga tengah menunggu hasil evaluasi pemain dari pelatih,” ungkap Ruddy Widodo.

Meskipun tanpa membuka identitas pemain, Arema nampaknya bakal melakukan perubahan di sisi pemain asing. Adalah Pavel Smolyachenko yang sejauh ini tidak mampu menunjukkan kualitasnya sebagai pemain asing.

Sementara untuk pemain lain, laga melawan Barito Putera menjadi penilaian terakhir sebelum Arema mendatangkan pemain baru. Konon 1-2 pemain lokal bakal dilepas.