Beranda Kompetisi Arema FC di Piala Presiden 2018

Arema FC di Piala Presiden 2018

Arema mengikuti pagelaran ketiga Piala Presiden 2018. Turnamen yang tahun ini berhadiah 3 milyar rupiah itu Arema harus tersingkir di babak delapan besar.

0
Selebrasi pemain Arema saat menumbangkan PSIS.
Selebrasi pemain Arema saat menumbangkan PSIS.

Turnamen Piala Presiden 2018 dibuka dengan sejumlah keraguan keikutsertaan peserta. Hal ini terjadi karena PT Liga Indonesia belum juga memenuhi subsidi yang menjadi hak setiap klub saat Liga 1 2017 lalu. Tetapi kemudian setelah dilakukan pembicaraan dengan Ketua Umum PSSI, klub akhirnya luluh dan menerima janji pencairan yang diberikan. Walapun demikian, Persipura Jayapura tetap tidak percaya dan mereka memastikan tidak ikut ambil bagian.

“Setelah melalui rapat direksi dan mempertimbangkan bahwa Arema berstatus sebagai juara bertahan maka malam ini diputuskan Arema akan ikut serta dalam penyelenggaraan Piala Presiden 2018 baik sebagai peserta dan tuan rumah,” kata Media Officer Arema FC, Sudarmaji, Sabtu, (30/12/2017).

“Semoga jalan kita mempertahankan juara piala presiden mendapat dukungan luar biasa dari aremania maupun pecinta sepakbola malang raya, Amin.”

Turnamen ini diikuti oleh 20 klub. 17 klub Liga 1 ditambahkan 3 klub dari Liga 2 yaitu Martapura FC, Kalteng Putra, dan PSPS Riau. Dari 20 klub itu dibagi menjadi lima grup. Arema diundi berada di grup E dan bermain di Malang melawan Bhayangkara FC, PSIS Semarang, dan Persela Lamongan.

Pada laga perdana, panpel Malang memindahkan pertandingan dari Stadion Kanjuruhan ke Stadion Gajayana. Hal ini terjadi karena Stadion Kanjuruhan digunakan sebagai konser grup musik Padi. Awalnya panpel memindahkan seluruh pertandingan. Namun, kondisi Stadion Kanjuruhan di laga perdana cukup memprihatinkan dengan lapangan yang becek sehingga mereka memindahkan laga kedua dan ketiga ke Kanjuruhan lagi.

Stadion Gajayana tidak layak menggelar laga Piala Presiden ketika hujan.
Stadion Gajayana tidak layak menggelar laga Piala Presiden ketika hujan.

Arema di laga perdana bermain imbang 2-2 dengan Persela Lamongan. Mereka kemudian berhasil menang 3-1 melawan PSIS. Di laga pamungkas, Singo Edan bermain imbang 0-0 melawan Bhayangkara. Poin lima yang didapatkan Arema sudah cukup untuk membawa mereka menjadi juara grup sebagai syarat untuk lolos ke babak delapan besar.

Sayang sekali, poin lima itu itu menjadi bumerang. Sebab pada undian pembagian grup, Arema ditempatkan di pot kedua bersama runner-up terbaik lain. Keadaan yang mengharuskan Singo Edan melawan juara grup lain.

Ahmad Nur Hardianto Saat Mencoba Melewati Hamka Hamzah. | FOTO: Dani Kristian
Arema tersingkir di Manahan | FOTO: Dani Kristian

Pada akhirnya, Arema yang dipertemukan melawan Sriwijaya harus mengakhiri turnamen ini lebih dini. Singo Edan kalah dengan skor 3-1 pada laga yang digelar di Stadion Manahan.

Jadwal dan Hasil Arema di Piala Presiden 2018

.

Tinggalkan Komentar