Beranda Fokus CATATAN ICC 2018: Singapura, Tempat Terdekat Untuk Menikmati Pertandingan Ala Eropa

CATATAN ICC 2018: Singapura, Tempat Terdekat Untuk Menikmati Pertandingan Ala Eropa

0
Saya bersama kawan Goal kembali menikmati Stadion National Singapura
Saya bersama kawan Goal kembali menikmati Stadion National Singapura

International Champions Cup di Singapura menghadirkan pengalaman berbeda untuk menikmati sepakbola khususnya bagi fans asal Indonesia.

Sudah dua tahun terakhir ini ajang International Champions Cup (ICC) berlangsung di Singapura dan secara umum berjalan cukup sukses.

Tahun ini, Negeri Singa kedatangan tiga klub papan atas Eropa yakni Arsenal, Paris Saint-Germain dan Atletico Madrid. Sayang, adanya Piala Dunia 2018 di Rusia membuat ketiganya tidak bisa memboyong deretan penggawa terbaik.

Meski begitu, hal tersebut tak menyurutkan antusiasme fans untuk datang, tak hanya warga lokal Singapura namun juga yang berasal dari mancanegara tak terkecuali Indonesia.

Dengan hanya berjarak hitungan jam perjalanan dari Indonesia ke Singapura dengan menggunakan pesawat terbang, maka bisa dibilang negera tetangga menjadi tempat terdekat untuk bisa menyaksikan para idola serta sajian manajemen pertandingan ala Eropa.

Goal Indonesia secara langsung meliput jalannya turnamen ini dan dibuat terpukau dengan keramahan akses maupun fasilitas Stadion Nasional Singapura, yang bisa dikategorikan sebagai salah satu stadion sepakbola terbaik di Asia.

Akses menuju stadion yang memiliki kapasitas 55 ribu kursi serta atap yang bisa buka-tutup sangatlah mudah karena terintegrasi langsung dengan stasiun Angkutan Massal Cepat (AMC) atau yang biasa dikenal dengan nama MRT di Singapura. Jadi, para fans bisa dengan mudah mencapai stadion dari segala penjuru wilayah Singapura yang luasnya menyerupai Jakarta.

Soal fasilitas, Stadion Nasional Singapura punya kualitas nomor wahid. Berdasarkan pengalaman Goal Indonesia yang juga pernah meliput pertandingan di Liga Primer Inggris dan J.League Jepang, yang disuguhkan Singapura melalui stadion utama mereka tak kalah mengesankan.

Penjagaan dilakukan secara ketat sebelum memasuki area dalam stadion, ada pemeriksaan petugas agar mencegah barang-barang yang dilarang untuk masuk lebih jauh. Hal ini diterapkan tanpa pandang bulu, para awak media juga diwajibkan untuk melewati proses tersebut selain fans.

Menuju tribune, fans diharuskan memegang tiket karena pengecekan dilakukan secara otomatis menggunakan mesin pemindai. Jadi, mustahil untuk mengelabuhi sistem tersebut lantaran jejak akan terekam dalam pengamatan CCTV yang banyak terpasang di setiap sudut.

Menyaksikan jalannya pertandingan pun menjadi sesuatu yang mengasyikan karena jarak kursi penonton dengan lapangan bisa diatur sedekat mungkin, tergantung kebutuhan acara pertandingan. Stadion Nasional Singapura punya sistem yang bisa menggeser tribune paling bawah maju ke depan hingga 12.5 meter yang berarti menutupi lintasan atletik.

Fans juga dimanjakan dengan adanya berbagai kedai makanan dan minuman yang berjajar rapi di dalam stadion dan bisa diakses kapan saja, maka tak heran banyak yang menyempatkan diri untuk membeli makanan ringan hingga bir, pemandangan yang mirip seperti di Eropa.

Jadi, Singapura memang benar-benar memanjakan para penggemar sepakbola dengan segala keramahan dan fasilitas modern yang tak biasa Anda temui di Indonesia.

Seperti yang ditulis Kawan Eric Noveanto di Goal Indonesia

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.