Beranda Fokus Cerita Tentang Ucapan Terima Kasih Dari Petrokimia kepada Arema

Cerita Tentang Ucapan Terima Kasih Dari Petrokimia kepada Arema

0
Selebrasi Petrokimia Putra saat memastikan juara. Nampak Yao Eloi mengenakan jersey Arema sebagai ucapan terima kasih | Foto: Eko Two Brother.
Selebrasi Petrokimia Putra saat memastikan juara. Nampak Yao Eloi mengenakan jersey Arema sebagai ucapan terima kasih | Foto: Eko Two Brother.

Rangkaian tiga kata ajaib adalah ucapan terima kasih, maaf, dan tolong. Dalam artian positif dan koridor fair play, kata terima kasih pernah diterima oleh Arema pada musim 2002 dari Petrokimia Putra, klub asal Gresik.

Cerita ini berawal dari babak delapan besar kompetisi Liga Indonesia tahun 2002. Arema pada saat itu menjadi runner-up di wilayah barat dengan poin 38 ditempatkan di Gresik bersama dengan Petrokimia (juara wilayah timur), Persipura (peringkat ketiga wilayah timur) dan Persita Tangerang (peringkat keempat wilayah barat).

Meskipun menjadi runner-up, bukan berarti kondisi internal Arema mulus. Problem gaji pemain menjadi permasalahan yang diselesaikan sebelum berangkat ke Gresik. Meski sejumlah pemain mengancam akan mogok tetapi pada akhirnya, tim bisa berangkat ke Gresik dengan menanggung hutang gaji.

Memang pemain melupakan permasalahan itu ketika di lapangan, mereka bertempur habis-habisan di babak delapan besar. Sayang, Johan Prasetyo cs. yang juga mendapatkan dukungan dari ribuan Aremania di Gresik gagal memberikan kemenangan pada dua laga.

Di laga perdana, Arema kalah telak 3-0 melawan tuan rumah Petrokimia Putra melalui dua gol Yance Katehokang di menit ke-39 dan 43, gol lain di laga itu dibuat oleh Aris Budi Prasetya menit ke-51.

Pada laga kedua, giliran Persita Tangerang yang sukses membalaskan dendamnya atas Arema dengan skor 1-0 melalui gol dari Ilham Jayakesuma di menit ke-88. Disebut balas dendam karena pada babak penyisihan grup Singo Edan mampu menekuk Persita 2-0 di Tangerang dan bermain 2-2 di Malang. Tumbang pada dua laga ini membuat kesempatan lolos ke babak semi-final berakhir.

Momen dramatis untuk Petrokimia yang sekaligus menjadi momen ucapan terima kasih terjadi pada laga ketiga. Petrokimia Putra yang diharuskan menang untuk mengunci kelolosan mereka di babak semi-final secara tidak terduga dikalahkan Persita Tangerang dengan skor 1-0 melalui gol Anthony Jomah Ballah pada menit ke-71. Artinya, poin Petro tidak lebih dari tiga poin saja karena hanya mampu menang sekali.

Seluruh Ultras dan pemain Petro menunggu detik-detik akhir hasil pertandingan Arema melawan Persipura yang digelar bersamaan di Stadion Surajaya Lamongan. Arema yang tidak punya peluang lolos ternyata tampil sangat spartan untuk memenangkan pertandingan. Di Stadion itu, Arema selain mendapatkan dukungan dari Aremania juga hadir Ultras dan beberapa suporter dari LA Mania yang baru berdiri setahun sebelumnya pada 2001.

Hingga akhirnya pada menit ke-58, gol Khusnul Yuli mampu menggetarkan puluhan ribu suporter yang datang memberikan dukungan.

Gol dari Yuli tersebut juga diumumkan di Stadion Tri Dharma, tempat Petrokimia Putra berlaga. Hingga akhir pertandingan, Ultras terus memberikan nyanyian ucapan terima kasih kepada Arema dan Aremania karena turut ‘membantu’ kelolosan mereka hingga semi-final.

Tidak hanya ucapan terima kasiih dalam bentuk lisan, pelatih Petro Sergey Dubrovin dan sejumlah pengurus Petro sempat mendatangi Hotel tempat Arema menginap. Mereka memberikan tali asih bantuan kepada manajemen Singo Edan. Bantuan yang dianggap sebagai bonus gaji pemain yang belum terbayarkan dengan jumlah nominal yang sangat lumayan ketika itu.

Di sisi lain, Petrokimia yang melenggang ke final menuntaskan kompetisi pada musim 2002 dengan juara setelah di semi-final mengalahkan Semen Padang melalui adu penalti dengan skor 3-2 (1-1 pada laga normal). Dan di final mereka menang 2-1 melawan Persita.

Pada selebrasi perayaan juara, Yao Eloi yang juga mencetak gol penentu kemenangan Petro atas Persita mengenakan jersey Arema. Nampak pemain asal Kamerun itu ingin mengucapkan terima kasih untuk kali kedua. Dramatis!

Tinggalkan Komentar