Beranda Artikel Dimanakah Titik Nol Kilometer Kota Malang?

Dimanakah Titik Nol Kilometer Kota Malang?

0

Tidak banyak yang tahu dimana titik nol kilometer Malang. Mungkin banyak yang mengira titik tersebut berada di Jalan Ijen yang dulunya merupakan perumahan elit dari Belanda, atau bahkan diantaranya mengira jika titik nol tersebut berada di alun-alun bundar alias di sekitar kantor Balaikota.

2016_01_18_nolkilometer

Titik nol kilometer, sebuah penanda yang sudah ada sejak zaman Belanda. Titik nol ini menjelaskan lokasi awal dari kota itu. Di daerah lain, titik nol kerap dijadikan sebagai obyek wisata.

Titik nol kota Malang terletak di alun-alun kota Malang, namun bukan berada di tengah alun-alun melainkan berada di lokasi yang tidak banyak diketahui di sebelah utaranya di seberang jalan. Patok titik nol tersebut tersembunyi di bawah jembatan penyeberangan di depan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Malang Selatan, Jalan Merdeka Utara 3, sebelah utara alun-alun kota Malang.

Lokasi yang menjadi wajar apabila warga Malang sendiri tidak banyak yang mengetahui tempatnya. Apalagi jika dilihat dari arah barat, ‘monumen’ itu tertutup tiang jembatan dan ukurannya pun sangat kecil. Apabila dari arah alun-alun, akan tertutup dengan pemandangan sepeda motor yang diparkir. Jalan paling mudah untuk mengetahui penanda itu adalah jika melihat dari sisi timur.

Monumen titik nol kilometer Malang ada tiga sisi di bagian atas yang masing-masing tertulis jelas jarak Malang dengan daerah lain. Patok nol kilometer Malang bertuliskan: M.LANG (Malang) 0, S.BAYA (Surabaya) 89, dan PW.SARI (Purwosari) 28.

Beberapa tahun terakhir, Pemkot Malang mengupayakan untuk melakukan pembaharuan ulang untuk menumen kecil itu. Namun, lokasinya yang mepet dengan jalan raya plus dibawah jembatan membuat pembangunan ulang terasa sulit. Sejauh ini, yang dilakukan Pemkot hanyalah melakukan pengecatan saja.

Di sisi lain, sebenarnya patok titik nol kilometer Malang ada dua buah, selain di alun-alun Malang. Satu lagi di ujung selatan jembatan Sungai Brantas di Jalan Embong Brantas, Jodipan, Kota Malang.

Belum ada yang mengetahui pasti mengapa terdapat dua patok penanda awal kilometer Kota Malang untuk jarak terhadap ke kota lain itu. Dari bentuknya, tidak ada yang berbeda jauh antara patok utara alun-alun dengan patok di jembatan Brantas, hanya cat warna patok di jembatan Brantas terlihat baru.

Tinggalkan Komentar