Beranda Dua Penalti Beto Goncalves Bawa Persipura Kalahkan Arema 2-1

    Dua Penalti Beto Goncalves Bawa Persipura Kalahkan Arema 2-1

    0
    2 - 1
    Selesai

    Detil

    TanggalLeagueMusim
    17/04/2012ISL11/12

    WASIT

    Wasit
    Oki Dwi Putra Senjaya

    REVIEW

    Persipura Jayapura kembali meraih tiga poin dari tim tamunya, Arema Indonesia, dengan kemenangan 2-1 di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Selasa, 17 April 2012. Kemenangan tim berjuluk Mutiara Hitam dalam laga lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) musim 2011-2012 ini diperoleh melalui tendangan pinalti dari kaki Alberto Goncalves di menit ke-55 dan menit ke-77.

    Di lain pihak, gol balasan Arema Indonesia di menit ke-7 datang melalui sambaran kaki pemain depan, Alan N Kong. Hasil ini membuat Persipura masih terus membayangi pimpinan klasemen sementara Sriwijaya FC dengan nilai 42 dari 20 laga, sedangkan Arema Indonesia kian terbenam di dasar klasemen sementara karena hanya mengoleksi 18 nilai dari 19 kali bertanding.

    Sejak awal pertandingan tim kebanggaan warga Papua ini langsung menggedor pertahanan Arema. Bahkan pada menit awal, pemain depan Persipura, Alberto, nyaris membobol gawang Arema. Namun, tendangannya masih melenceng di atas mistar gawang Kurnia Meiga.

    Arema balik melakukan serangan balik dan mampu membobol gawang Persipura yang dijaga Yoo Jae Hoon di menit ke-7 melalui Alan N Kong yang menyambar bola hasil umpan silang Herman Dzumafo. Tertinggal satu gol, Persipura kembali gencar melancarkan serangan dan terus berupaya menggedor lini pertahanan Arema.

    Akan tetapi, solidnya lini tengah Arema membuat pemain Persipura kesulitan membangun serangan. Para pemain Persipura sedikit mulai frustrasi. Untuk menambah daya gedor dan menembus kebuntuan, Pelatih Persipura Jacksen F. Tiago memasukkan pemain Choi Dong Soo guna menggantikan Viktor Pae di menit ke-32.

    Hingga babak pertama usai, Arema masih tetap unggul satu gol dari Persipura. Memasuki babak kedua, Persipura kembali terus menyerang lini pertahanan Arema. Hasilnya, di menit ke-55 wasit Okky Dwi Putra asal Bandung memberikan tendangan pinalti bagi Persipura setelah pemain belakang Arema, Seme Piere, tertangkap melakukan hands ball di kotak berbahaya.

    Tendangan pinalti ini dieksekusi Alberto dan membuahkan gol untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1 bagi Persipura. Kedudukan imbang membuat Persipura semakin gencar melakukan serangan. Sampai di menit ke-77, Ian Louis Kabes dijatuhkan di kotak pinalty pemain belakang Arema, Feri Aman Saragih.

    Wasit Okky kembali menunjukkan titik pinalti dan kembali Alberto mampu memperdayai Kurnia Meiga sehingga Persipura unggul 2-1 dari Arema. Tim yang baru saja mendapat dana tambahan Rp 7 miliar dari sponsornya, PT Freeport Indonesia, ini tak mengendorkan serangan. Bahkan, terlihat ada sejumlah peluang dari pemain depannya, tapi peluang itu tak mampu membuahkan gol.

    Di sisi lain, tim tamu, Arema, mencoba bangkit mengejar ketertinggalannya melalui serangan balik. Pada menit akhir mereka nyaris menyamakan kedudukan melalui Herman Dzumafo yang tinggal berhadapan dengan gawang. Hanya saja pemain belakang Persipura mampu membuang bola dengan cepat ke luar lapangan. Hingga peluit panjang dibunyikan, kedudukan tetap 2-1 bagi Persipura.

    “Kami kecewa dengan hasil ini, tapi saya bangga sebab pemain kami tidak menunjukkan diri sebagai pemain yang cengeng dan jatuh-jatuh dengan sengaja,” kata pelatih Arema Indonesia, Joko Susilo, usai laga. “Memang kondisi fisik kami lemah, recovery kami tidak maksimal,” kata Joko.

    Asisten Pelatih Persipura Jayapura, Mettu Duaramuri, mensyukuri kemenangan timnya yang cukup berat menghadapi perlawanan Arema. “Pinalti itu terjadi karena ada perbuatan, kita tidak menyinggung soal wasit karena Arema juga bermain sangat bagus,” kata Mettu.

    Dia mengakui pemain tengahnya kalah dibanding pemain tengah Arema. “Tapi intinya, ada perkembangan dari semua pemain, termasuk lawan-lawan dari Persipura,” katanya usai laga.

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.