Beranda Piala Presiden, Dua Gol Penalti Bikin Seri Laga Arema & PSGC

    Piala Presiden, Dua Gol Penalti Bikin Seri Laga Arema & PSGC

    Juan Revi dihadang ketat dua pemain PSGC | Foto: Abi Yazid
    Juan Revi dihadang ketat dua pemain PSGC | Foto: Abi Yazid
    1 - 1
    Full Time

    Detail

    TanggalTimeLeagueSeasonFull Time
    09/09/201518:00Pilpres201590'

    Gol penalti Samsul Arif dibalas gol penalti dari Osas Saha.

    Recap

    PSGC Galuh Ciamis sukses menahan imbang tuan rumah Arema Cronus pada laga penutup Grup B Piala Presiden 2015, Rabu (9/9) malam, di Stadion Kanjuruhan.  Singo Edan yang cukup mendominasi pertandingan dibuat kesulitan oleh permainan solid dari kubu  Laskar Galuh .

    Kurnia Meiga menandai  comeback -nya dari cedera pada laga ini. Sayang, ia memberikan penalti bagi tim lawan dengan tekelnya di menit 86′ kepada Ganjar Kurniawan. Osas Saha pun menghindarkan armada Heri Rafni Kotari dari kekalahan dengan sukses menyempurnakan tugasnya sebagai algojo penalti.

    Hasil ini membuat Arema gagal menjadi juara Grup B kendati bertindak sebagai tuan rumah. Mereka hanya mampu mengoleksi lima poin dari tiga penampilan. Selisih satu angka dari Sriwijaya FC yang sebelumnya mengandaskan Persela Lamongan.

    Babak Pertama 

    Tampil sebagai tim yang diunggulkan, Arema Cronus pun langsung coba menekan daerah pertahanan dari PSGC. Namun, pertahanan solid dari PSGC tak mudah untuk dioprek. Menit 5′, serangan balik PSGC nyaris membuat publik Kanjuruhan terhenyak. Bola mengarah ke Osas Saha, sedikit kontrol Saha pun mengopernya kepada Budiawan. Sayang, Budiawan kurang tenang sehingga tendangannya hanya melambung dari sasaran.

    Samsul Arif mulai menunjukkan aksinya pada menit ke-14, pemain lincah itu coba menusuk lewat sisi kiri, ia pun melepaskan tembakan keras yang masih mampu diblok bek dari PSGC. Sepak pojok yang didapatkan Arema pun tak menghasilkan. PSGC langsung merespons, kali ini Andi Kurniawan mengancam lewat tendangan jarak jauh – yang masih meleset dari sasaran.

    Serangan dari berbagai arah terus dilancarkan kubu Arema selaku tuan rumah. Tapi pertahanan dari PSGC begitu rapat dan terorganisir. Lancine Kone pun tak diberi ruang untuk mengeksplorasi ruang karena beberapa kali dikepung pemain PSGC. Hingga 30 menit laga berjalan, kedua tim masih buntu. Usai  water break , PSGC sempat mengejutkan Arema lewat Osas Saha. Tapi sontekan Saha meleset.

    Menit 37′, Arema mendapat peluang lewat tendangan bebas dari jarak ideal. Lancine Kone jadi eksekutor dan tendangannya meluncur tepat ke tangkapan kiper PSGC, Irpan. Jelang turun minum, Cristian Gonzales dilanggar Ipan Priyanto di kotak terlarang. Kesempatan tersebut tak disia-siakan oleh Samsul Arif sebagai algojo, dengan tenang eks Persela Lamongan itu mencetak gol dari titik putih. 1-0 untuk Arema, bertahan hingga turun minum.

    Babak Kedua 

    Pelatih Heri Rafni Kotari mulai berpikir untuk lebih mendobrak lini belakang Arema, ia pun melakukan dua pergantian sekaligus pada menit 47′. Dicky Nugraha dan Rinto Hermawan masuk menggantikan Vinsens dan Dimas Galih. Sedangkan dari kubu Arema, Joko Susilo memperkuat lini tengah dengan menarik Sukadana dan Bustomi untuk digantikan Hendro Siswanto serta Juan Revi pada menit ke-56.

    Inisiatif untuk terus menyerang diperlihatkan oleh PSGC, tapi apa daya, serangan kerap dikandaskan lini tengah Arema yang kini dihuni Juan Revi. Sementara Arema mengancam lewat tendangan jarak jauh secara beruntun. Mulai dari Hendro Susilo, Cristian Gonzales hingga tendangan yang sedikit saja meleset dari sasaran oleh Samsul Arif pada menit 68′.

    Sepuluh menit jelang laga usai, Kurnia Meiga yang lama diparkir karena menderita cedera masuk menggantikan I Made Wardana. Sedangkan Morimakan Koita yang sempat bermain kurang maksimal kala menghadapi Sriwijaya masuk menggantikan Dendi Santoso. PSGC yang tertinggal pun masih terus berusaha menekan  Singo Edan .

    Tak manis bagi Meiga, baru saja kembali bermain, Meiga langsung melakukan pelanggaran di daerahnya. Ganjar Kurniawan yang melakukan akselerasi mendapat tekel keras dari Meiga. Wasit pun tak segan menunjuk titik putih dan memberikan kartu kuning kepada Meiga. Osas Saha yang jadi algojo penalti dengan mulus melaksanakan tugasnya. Skor kembali sama kuat 1-1 di menit 87′.

    Arema coba membalas gol dari PSGC demi menghindari hasil imbang. Penetrasi dilakukan Sunarto hingga Koita. Namun tak ada kans yang tercipta hingga wasit meniup peluit tanda laga berakhir.

    Susunan Pemain

    Arema : I Made Wardana; Hasyim Kipuw, Fabiano Beltrame, Purwaka Yudhi, Al Farizie; Sukadana, Ahmad Bustomi, Lancine Kone; Samsul Arif, Cristian Gonzales, Dendi Santoso.
    Cadangan : Kurnia Meiga, Suroso, Benny Wahyudi, Juan Revi, Hendro Siswanto, Morimakan Koita, Sunarto.

    PSGC : Irpan; Ledi Utomo, Ipan Priyanto, Vinsens, Julia Mardianus; Susanto, Andi Kurniawan, Budiawan; Budiman, Osas Saha, Dimas Galih.
    Cadangan : Barep Wahyudi, Dedeyan Surdani, Rinto Hermawan, Ganjar Kurniawan, Aldi Imron, Dicky Nugraha, Didin Jahidin.