Beranda Memorabilia Foto FOTO: Arema Melawan Thai Farmers Bank Piala Champions Asia 1993/1994

FOTO: Arema Melawan Thai Farmers Bank Piala Champions Asia 1993/1994

Ada foto menarik tentang pertandingan penyisihan kedua Piala Champions Asia 1993/1994 antara Arema melawan Thai Farmers Bank yang berakhir dengan skor 2-2.

0
Aji Santoso saat Arema di Piala Champions Asia 1993/1994
Aji Santoso saat Arema di Piala Champions Asia 1993/1994

Pada musim 1993/1994, Arema Malang menjadi wakil Indonesia untuk bertarung di Piala Champions Asia 1993/1994 setelah menjadi juara Galatama 1992/1993. Pada waktu itu pertandingan menggunakan format sistem gugur untuk melaju ke babak grup.

Setelah menyingkirkan Quang Nam Da Nang dengan agregat 3-1, Arema berjumpa dengan tim kuat dari dari Thailand, Thai Farmers Bank.

Pada 9 Oktober 1993, Arema terlebih dahulu menjamu mereka di Stadion Gajayana Malang. Pada pertandingan yang disaksikan ribuan pasang mata itu Arema tidak menggunakan jersey kandang yang berwarna biru, melainkan jersey away dengan warna putih dengan celana biru. Sementara tim tamu mengenakan jersey biru dengan celana hijau.

Alasannya, ada sebuah keterangan yang menyebutkan pada saat itu logo Arema belum terpasang di jersey home atau jersey biru sehingga terpaksa menggunakan jersey away.

KERAS! Duel Kuncoro melawan Surachai Jatupatarapong berlangsung dengan sangat keras.
KERAS! Duel Kuncoro melawan Surachai Jatupatarapong berlangsung dengan sangat keras.

Pertandingan tersebut berjalan dengan sangat keras. Bahkan, dua pemain yaitu Kuncoro yang dijuluki jagal oleh Aremania hampir baku hantam melawan striker Surachai Jatupatarapong. Hal ini terjadi karena Kuncoro beberapa kali berhasil mematahkan perlawan Surachai dengan sedikit keras.

Skor akhir pertandingan adalah 2-2, dua gol Arema dibuat oleh Singgih Pitono, Mecky Tata. Arema akhirnya tersingkir setelah kalah dengan skor 4-1 pada leg kedua yang digelar seminggu kemudian.

Singgih Pitono mencetak satu gol.
Singgih Pitono mencetak satu gol.

Thai Farmers Bank yang lolos ke babak fase grup mendapatkan keuntungan karena babak grup digelar di Bangkok dengan menggunakan sistem homer turnamen pada 28 Januari hingga 7 Februari 1994. AFC membagi enam tim menjadi dua grup dengan dua tim teratas lolos.

Pada babak penyisihan grup mereka bermain 1-1 melawan Liaoning (China) dan imbang 2-2 melawan Muharraq Club (Bahrain). Poin dua mengantarkan mereka menjadi runnerup untuk lolos ke semi-final.

Di babak semi-final mereka menang adu penalti 3-1 melawan Verdy Kawasaki setelah bermain imbang 1-1 pada 90 menit. Di final klub yang dibubarkan pada tahun 2000 karena krisis Asia ini menang 2-1 melawan Omani Club (Oman). Untuk pertama kalinya, akhirnya ada klub dari Thailand yang menjadi juara di Piala Champions Asia 1993/1994.

Tinggalkan Komentar