Beranda Memorabilia Foto Foto: Kesedihan Aji Santoso Dan Rekannya Saat Arema Degradasi

Foto: Kesedihan Aji Santoso Dan Rekannya Saat Arema Degradasi

0

Rabu, 10 September 2003. Arema Malang datang ke Stadion Benteng Tanggerang untuk menantang Persita Tanggerang. Tetapi di hari itu pula, akan terus dikenang karena Arema degradasi untuk kali pertama.

Melawat ke Stasion Benteng dibilang Arema kali ini bakal menghadapi pertarungan yang lumayan berat mengingat lawannya saat itu berada di posisi ketiga klasemen sementara Liga Indonesia 2003.

Sementara Singo Edan sendiri masih berjuang di medan degradasi, sehingga untuk terbebas dan bersaing dengan Persib Bandung di zona play-off, Arema diwajibkan memenangkan pertandingan.

Modal Arema melawat ke Tangerang sangat bagus. Sebelumnya, di dua pertandingan kandang selalu dimenangkan oleh Arema. Yaitu melawan Persijatim Solo FC dengan skor 1-0 dan PSS Sleman skor 2-0. Kepercayaan diri yang sangat tinggi hadir di dada Aji Santoso dan kawan-kawan.

Sayang sepertinya, Arema keliru memilih lawan atau bisa jadi Badan Liga Indonesia [BLI] keliru menata pertandingan ke-37 Arema di musim 2003 dengan mempertemukan Arema melawan Persita.

Karena modal semangat dan kepercayaan diri yang tinggi tidak cukup untuk menang. Arema mengakhiri pertandingan dengan kekalahan. Di babak pertama saja skor sudah kalah 3-0. Masing-masing gol dibuat oleh Ilham Jayakesuma menit ke-20 dan 36, Zaenal Arief menit ke-33. Di babak kedua, penampilan Arema membaik, tetapi hanya bisa melesakkan satu gol yang dibuat oleh Charles Horik menit ke-72.

Usia pertandingan, suasana senyap menyelimuti bench Arema Malang. Tidak ada satupun pemain yang bicara karena di hari itu untuk pertama kalinya Arema terdegradasi ke Divisi I (pada tahun 2008/2009, BLI menjadikan Divisi Utama kasta kedua karena ditahun itu dibentuk Super League).

2016_01_20_Aji Santoso 1
Pemain sulit untuk bicara saat Arema Degradasi tahun 2003 (doc: memorabilia Arema)

Aji Santoso merenungi nasibnya, pemain asli Malang yang musim itu kembali ke Arema dan pensiun di Arema tidak mampu mengangkat Arema.

Tinggalkan Komentar