Beranda Fokus Geliat Jawa Barat Dengan Stadion Barunya

Geliat Jawa Barat Dengan Stadion Barunya

0

Komitmen pemerintah daerah Jawa Barat dalam memajukan olahraga di wilayahnya patut diacungi jempol. Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu wilayah dimana pembangunan venue olahraga terlihat masif dalam satu dekade terakhir. Berbagai sarana dan prasarana olahraga dibangun oleh institusi pemerintahan provinsi Jawa Barat beserta jajaran pemerintahan daerah lain dibawahnya.

Provinsi yang saat ini dipimpin oleh gubernur Ahmad Heryawan tersebut tampak giat dalam membangun stadion. Tercatat sejak tahun 2000 lalu, terdapat 5 stadion besar dengan kapasitas lebih dari 25.000 penonton yang dibangun.

Dua diantara lima stadion tersebut (Gelora Bandung Lautan Api dan Stadion Si Jalak Harupat) telah selesai dibangun dan siap operasional. Sementara beberapa stadion lainnya dalam proses penyelesaian pembangunan yang tinggal ‘sedikit’ lagi. Pembangunan stadion-stadion megah tersebut telah menghabiskan dana (total) hingga triliunan rupiah.

Selain kelima stadion diatas, terdapat pula rencana Pemda Jabar untuk membangun 1-2 stadion serupa di wilayah Tasikmalaya dan Cirebon senilai ratusan miliar rupiah.

Ditinjau dari fungsinya, pembangunan gelanggang mewah diatas tak hanya digunakan untuk menunjang cabang olahraga tertentu semata. Beberapa stadion dilengkapi dengan fasilitas lain berupa lintasan lari yang dapat dimanfaatkan untuk menghelat perlombaan atletik. Selain itu beberapa stadion dibangun dalam rangka mensukseskan event tertentu.

Gelora Bandung Lautan Api yang telah selesai dibangun pada tahun 2013 lalu akan digunakan sebagai venue PON 2016 mendatang. Demikian pula dengan Stadion Utama Jababeka yang dibangun sebagai tempat pembukaan PORDA XIII – Jabar lalu.

Berikut adalah beberapa stadion megah di Jawa Barat yang sebagian diantaranya telah beroperasional :

Tinggalkan Komentar