Beranda Memorabilia Jersey Jersey Arema Home 2017 Piala Presiden

Jersey Arema Home 2017 Piala Presiden

0
Jersey Arena Home 2017 Piala Presiden
Jersey Arena Home 2017 Piala Presiden

Bulan Februari, jersey Arema home 2017 untuk mengarungi kompetisi Liga 1 diluncurkan. Jersey tersebut masih dibuat oleh Specs, salah satu vendor asli Indonesia yang juga meng-handle jubah perang Persipura Jayapura. Bersamaan itupula Arema juga merilis jersey away dan third.

Tidak ada perubahan bahan untuk jersey Arema home 2017 ini, Specs masih menggunakan bahan x-dry, sebuah nama yang diciptakan oleh Specs sendiri untuk menyebutkan kain lembut nan halus yang mampu menyerap keringat lebih cepat itu.

Warna biru gelap menjadi sajian utama di jersey home 2017 ini, warna biru sendiri tidak murni biru, namun ada sebuah ornamen atau campuran warna biru lebih muda. Jika sulit membayangkan, Anda bisa melihat jersey away Real Madrid dan Manchester United dibawah ini dengan warna yang sedikit berbeda.

Kain yang mirip dengan jersey Manchester United dan Real Madrid
Kain yang mirip dengan jersey Manchester United dan Real Madrid

Desain jersey, masih menggunakan teamweare specs yang bernama accelerator fury jersey dengan warna navy blue. Tetapi pihak Specs sedikit mengubah coraknya dengan di bagian dada dengan mengganti warna merah dengan biru muda.

Pembuatan corak ini sedikit berbeda dengan jersey lain yang memakai sublim atau printing. Jersey Specs masih menggunakan corak yang disablon.

Teamwear Accelerator Fury dari Specs untuk Jersey Arema Home 2017
Teamwear Accelerator Fury dari Specs yang menjadi dasar untuk Jersey Arema Home 2017

Sayang, peluncuran jersey ini cukup mengecewakan Aremania yang membeli 450 jersey pertama (home, away dan third dijual 150 pcs). Hal ini terjadi karena ada perbedaan tata letak sponsor. Ketika diluncurkan, sponsor Ijen Suites, Resort & Convention berada di depan dibawah Torabika Duo dan Corsa. Namun, ketika digunakan saat Piala Presiden 2017, sponsor tersebut berada di belakang dibawah nomor punggung.

Dikutip dari laman Surya, Media Officer Arema FC, Sudarmaji menjelaskan perbedaan penempatan logo sponsor di jersey terjadi karena adanya kesepakatan baru antar sponsor.

Launching jersey, dua Aremania yang mendapatkan jersey pertama.
Launching jersey, dua Aremania yang mendapatkan jersey pertama.

“Jersey yang digunakan saat peluncuran di hari Sabtu itu sudah dipesan lebih dulu. Ternyata setelah itu ada kesepakatan baru soal sponsor,” terang Sudarmaji.

“Setelah dibicarakan salah satu logo sponsor yang sudah ada letaknya di pindah di bagian belakang. Di jersey yang dipakai bertanding itu posisi logo sponsor sudah diperbarui.”

Jersey Arema Home 2017 untuk Piala Presiden.
Jersey Arema Home 2017 untuk Piala Presiden.

Reborn Logo

Selain meluncurkan jersey, pada bulan Februari 2017 manajemen Arema juga mengeluarkan logo baru. Logo yang cukup berbeda dengan sebelumnya, bentuk perisai milik Arema Cronus digantikan menjadi bentuk bulat lonjong.

Logo Baru Arema
Logo Baru Arema

Secara desain, Vamos Arema masih awam dengan filosofi dari desain logo tersebut. Tetapi logo baru itu merupakan salah satu bentuk penjabaran tentang tagline Reborn for a Better Future yang dikumandangkan manajemen tim Singo Edan. Berikut petikannya.

“Kesan Reborn for a Better Future melekat dalam logo baru Arema FC, Aremania dan publik sepak bola Indonesia lewat logo tersebut diajak kembali mensyukuri lahirnya Arema pada 11 Agustus 1987 dengan menggunakan logo Singa yang digunakan di era Galatama serta memberikan apresiasi atas bergabungnya generasi emas Arema FC saat menjuarai Liga Galatama tahun 1993,” ungkap Sudarmaji.

“Sesuai dengan slogan Arema FC untuk musim 2017, Reborn for a Better Future maka Arema menggunakan logo baru namun tidak meninggalkan unsur klasik yang menjadi ciri khas sejak awal berdirinya Arema. Kita sangat berharap logo tersebut mempersatukan seluruh lintas generasi dalam perjalanan Arema FC,”

Sayang ada sedikit misinformasi tentang fakta sejarah dari logo itu. Dari arsip yang dimiliki oleh Vamos Arema. Logo Singa mengepal tidak pernah digunakan di jersey era Galatama bahkan hingga Liga Indonesia I 1994/95 dan Ligin II 1995/1996.

Vamos Arema baru menemukan penggunaan logo itu pada jersey Arema Ligina III tahun 1997. Dari cerita yang disampaikan oleh Alm Sam Ikul, logo itu dibuat tergesa karena Arema telat melakukan pendaftaran. Logo tersebut dibuat oleh tukang stempel di kawasan Jakarta yang mengaplikasikan ide dari sam Ikul yang menginginkan Arema punya Singa dengan mirip mobil Peugeot karena dia adaleh penghobi otomotif.

Jersey Arema Liga Kansas
Jersey Arema Liga Kansas

Sementara untuk Galatama, Arema jersey Arema hingga tahun 1992 tida ada logonya. Baru kemudian menggunakan logo perisai dan lidah api versi lawas di tahun 1992 atau saat Arema lolos ke Piala Champions Asia.

Logo singa yang mirip mengepal ditemukan pada kenang-kenangan pin pada Arema Galatama. Namun, ternyata gambar Singanya cukup berbeda jauh dengan dua lidah api di sisi kiri dan kanan.

Soal logo adakah koreksi?

Tinggalkan Komentar