Home Memorabilia Jersey Jersey Piala Menpora 2013, Saksi Bisu Arema Hempaskan Tim Australia

Jersey Piala Menpora 2013, Saksi Bisu Arema Hempaskan Tim Australia

484
0
SHARE
Jersey Piala Menpora Arema dengan sponsor Ijen di bagian depan.
Jersey Piala Menpora Arema dengan sponsor Ijen di bagian depan.

Jersey Piala Menpora 2013 dipersiapkan Ultras untuk menyambut turnamen Piala Menpora yang digelar setelah ISL 2013 selesai. Kehadirannya memang seperti dipaksakan karena langsung dimulai lima hari setelah ISL selesai.

Arema yang saat itu ditinggal mayoritas penggawa U-23 ditunjuk menjadi tuan rumah bersama Bandung. Waktu itu, Singo Edan dibesut oleh Joko Susilo karena pelatih kepala Rahmad Darmawan menangani tim nasional U-23 untuk menghadapai Islamic Solidarity Games di Palembang. Tiga pemain yang dipanggil adalah Kurnia Meiga, Sunarto, dan Dedi Kusnandar.

Manajemen Arema menargetkan Singo Edan menjadi juara, demi memuluskan langkah itu mereka menarik lima pemain yang diundang pada ajang ISL All Star yang mempertemukan pemain liga terbaik melawan Persipura Jayapura.

Tidak ada nama punggung, sementara nomor punggung menggunakan font yang sama dengan liga.
Tidak ada nama punggung, sementara nomor punggung menggunakan font yang sama dengan liga.

Ultras sebagai penyedia apparel Arema membuatkan jersey yang tidak berbeda dengan yang dipakai di liga baik secara desain ataupun bahan. Hanya saja, sponsor Anker Sports yang biasanya terletak di depan dihilangkan sedangkan sebagai penggantinya adalah sponsor Ijen Nirwana. Sedangkan sponsor Guna Bangun Perkasa tetap berada di lengan kiri jersey.

Perbedaan juga nampak di bagian belakang. Meski masih menggunakan font yang sama dengan jersey liga. Jersey Piala Menpora ini menggunakan warna emas untuk bagian nomor, sementara nama punggung tidak disertakan.

Pemakai nomor 6 di Arema adalah Thierry Gathuessi, bek serba bisa asal Prancis. Pemain yang musim sebelumnya direkrut dari Sriwijaya FC ini selalu dimainkan oleh Joko Susilo. Sang pelatih memainkan dia di posisi bek kanan ataupun bek tengah untuk berduet dengan Victor Igbonefo.

Thierry Gathuessi, menggunakan jersey Piala Menpora 2013 dengan nomor punggung 6.
Thierry Gathuessi, menggunakan jersey Piala Menpora 2013 dengan nomor punggung 6.

Arema menjalani tiga pertandingan di penyisihan grup, yakni melawan Loyola Meralco Sparks, Mitra Kukar, dan Persepam Madura United. Semua menggunakan jersey warna biru kecuali melawan Persepam di pertandingan terakhir grup yang menggunakan jersey Piala Menpora putih.

Pada pertandingan final, Arema menggunakan jersey warna biru melawan runner-up Liga Australia Central Coast Mariners. Pada laga yang cukup panas itu, dua gol dari sepakan penalti Keith Kayamba Gumbs hanya dibalas satu saja melalui Marcos Flores. Arema pun menjadi juara.

Jersey dengan desain sama juga diberikan Ultras untuk Arema U-21. Tetapi untuk skuat junior ada tambahan patch ISL U-21 di kanan lengan dan sponsor Cronus Group dibawah NNS. Jersey U-21 juga punya nama punggung.

Tinggalkan Komentar