Beranda Match Pertandingan Liga 1 – Rekor Tidak Menang PSM Makassar Atas Arema Selama 6...

Liga 1 – Rekor Tidak Menang PSM Makassar Atas Arema Selama 6 Tahun Pecah

PSM Makassar memecahkan dua rekor saat mengalahkan Arema, yang pertama adalah kemenangan setelah enam tahun melawan Arema. Yang kedua adalah menjadi tim pertama yang menjebol gawang Arema.

0
Adam Alis Masuk Babak Kedua Saat Melawan PSM Makassar.
Adam Alis Masuk Babak Kedua Saat Melawan PSM Makassar.

PSM Makassar akhirnya menjadi tim pertama di Liga 1 yang mampu menjebol gawang Kurnia Meiga di pekan kelima Liga 1, Rabu (10/5). Meskipun demikian, laga yang berakhir dengan skor 1-0 untuk PSM itu dinilai tidak terlalu berjalan normal menurut Aji Santoso.

Arema FC memainkan Andrianto, M Rafli, dan Junda Irawan sebagi pemain U-22 setelah tiga pemain andalan Singo Edan yaitu Bagas Adi, Hanif Sjahbandi, dan Nasir. Juan Pablo Pino menjadi pemain inti untuk bergera dari sayap kiri, sementara dua pemain tengah selain Rafli diisi oleh Hendro Siswanto dan Esteban Vizcarra. Di lini depan Dedik Setiawan diparkir untuk digantikan Cristian Gonzales.

Laga berjalan dengan sangat ketat di babak pertama, kedua tim bermain terbuka sehingga pertandingan berjalan sangat menarik. Sejumlah peluang yang diciptakan oleh PSM ataupun Arema gagal menjadi gol.

Sayang menjelang akhir babak pertama, Junda diusir oleh Nusur Fadillah setelah melakukan pelanggaran kepada pemain PSM dan kemudian dia melakukan protes keras terhadap keputusan wasit.

Di babak kedua, Arema yang bermain dengan 10 pemain langsung mendapatkan tekanan gencar dari PSM Makassar. Robert pun memasukkan Reinaldo Elias di belakang untuk menambah daya sengat.

PSM akhirnya bisa mencetak gol setelah Reva Adi memberikan umpan lambung yang bisa disundul oleh Reinaldo. Skor tersebut akhirnya bertahan hingga usai pertandingan.

Pelatih PSM menyambut senang kemenangan ini karena ada dua rekor yang belum terpecahkan atas kemenangan PSM. Yang pertama adalah PSM akhirnya mengakhiri kutukan setelah enam tahun tidak bisa menang. Sementara yang kedua adalah PSM adalah tim pertama yang mampu mencetak gol ke gawang Arema.

“Saya sa‎ngat senang dengan kemenangan ini‎, dan kami berhasil membuat rekor baru, yaitu memecahkan rekor tak kebobolan Arema. Kedua, setelah enam tahun tak pernah menang, akhirnya kami baru bisa memenangkan partai,” ungkap Robert Alberts.

“Rekor ketiga, penjualan tiket habis, dan para penonton datang dengan semangat tinggi dalam memberikan penyemangat bagi pemain kami.”

Cristian Gonzales Selalu Mendapati Dirinya Mendapatkan Kawalan Banyak Pemain PSM Makassar.
Cristian Gonzales Selalu Mendapati Dirinya Mendapatkan Kawalan Banyak Pemain PSM Makassar.

Sementara itu, Aji Santoso menilai kekalahan atas PSM tidak perlu terjadi seandainya kedua tim bermain 11 melawan 11, kehilangan satu pemain membuat ritme di lapangan sedikit berubah.

“Saya akui kekalahan tim saya dikarenakan kartu merah. Di situ pertandingan mulai berubah, mereka juga sampai menekan pertahanan kami. Saya yakin seandainya tidak ada kartu merah, kami belum tentu kalah dari PSM,” kata mantan arsitek timnas Indonesia U-23 ini.

“Saya tidak mau berkomentar kepemimpinan wasit bagus atau tidak, apakah pelanggaran itu [Junda] layak kartu merah atau tidak, biar masyarakat yang menilai. Yang jelas pertandingan tadi bagus.”

Berikut susunan pemain kedua tim:

PSM Makassar
Rivki Mokodompit; Zulkifli Syukur, Reva Adi Utama, Hamka Hamzah, Steven Paulle, Marc Klok, Ridwan Tawainella, Muhammad Arfan, Willem Jan Pluim, M Rahmat, Titus Bonai.
Cadangan: Deny Marsel; Ardan Aras, Hendra Wijaya, M Abdullah Syafii, Rizky Pellu, Syamsul Chaeruddin, Andri, Reinaldo Elias, Romario Rumpaisum.

Pelatih: Robert Rene Alberts

Arema FC
Kurnia Meiga; Ahmad Alfarizi, Junda Irawan, Jad Noureddine, Arthur Cunha, Juan Pablo Pino, Hendro Siswanto, Esteban Vizcarra, Muhammad Rafli, Andrianto, Cristian Gonzales.
Cadangan: Utam Rusdiana; Beny Wahyudi, Syaiful Indra Cahya, Ahmad Bustomi, Ferry Aman Saragih, Adam Alis, Dendi Santoso, Dedik Setiawan, Dalmiansyah.

Pelatih: Aji Santoso

Tinggalkan Komentar