Beranda Fokus Perjalanan Arema di Piala Gubernur Kaltim 2018

Perjalanan Arema di Piala Gubernur Kaltim 2018

Turnamen Piala Gubernur Kaltim 2018 adalah turnamen kedua yang digelar dengan title yang sama. Setelah mendapatkan peringkat tiga tahun 2016, Arema akhirnya mampu menjadi runner-up pada 2018.

0
Kemenangan atas Persebaya di Piala Gubernur Kaltim 2018 layak diselebrasikan! | Foto: AremaFC Official.
Kemenangan atas Persebaya di Piala Gubernur Kaltim 2018 layak diselebrasikan! | Foto: AremaFC Official.

Turnamen Piala Gubernur Kaltim 2018 (PGK) adalah turnamen yang diselenggarakan di wilayah Kalimantan Timur yang memperebutkan Piala Gubernur. Turnamen 2018 adalah edisi kedua.

Turnamen PGK ini diikuti oleh delapan tim dengan komposisi awal peserta adalah Arema FC, Persija Jakarta, Persib Bandung, PSM Makassar, Persiba Balikpapan, Mitra Kukar, Barito Putera, dan Borneo FC dan bakal digelar pada 7-18 Februari.

Namun keberadaan Piala Presiden 2018 membuat turnamen ini akhirnya mundur menjadi 18-28 Februari. Namun karena kompetisi ikut mundur maka panitia juga membuat keputusan untuk mengundurkannya menjadi 23 Februari 2018 – 4 Maret 2018.

Selain mundur komposisi peserta juga mengalami perubahan. Barito Putera, Persib Bandung dan PSM Makassar memutuskan untuk menjalani pemusatan latihan sendiri. Sementara Persija Jakarta ingin fokus ke Piala AFC setelah menjadi juara Piala Presiden.

Empat tim itu kemudian digantikan oleh Persebaya Surabaya, Madura United, Bali United, dan Sriwijaya FC. Menjelang hari akhir, Bali United memutuskan tidak ikut dan slotnya digunakan oleh PSIS Semarang.

Delapan kontestan itu akhirnya dibagi menjadi 2 bagian. Grup A bermain di Stadion Segiri dan Palaran berisi Borneo FC, Arema FC, PSIS dan Mitra Kukar. Sementara grup B diiisi oleh Persebaya, Madura United, Sriwijaya FC, dan Persiba.

Meskipun menggunakan grup, penghitungan poin di Piala Gubernur Kaltim 2018 ini menggunakan mekanisme yang sedikit berbeda. Kemenangan dengan waktu 90 menit akan mendapatkan poin tiga, kemenangan dengan adu penalti memperoleh 2, sementara kekalahan adu penalti mendapatkan poin satu. Sisanya jika tim itu kalah di waktu normal maka tidak akan mendapatkan poin.

Pelatih Joko Susilo berangkat ke Kalimantan tanpa target. Sosok berusia 47 tahun itu hanya ingin mencoba pemain agar mereka siap untuk Liga. Salah satu pemain yang bakal dicoba adalah Gustavo Lopez dan Balsa Bozovic.

Joko juga sempat melontarkan jika dia akan mundur jika ditarget menjadi juara oleh manajemen.

Namun, perjalanan Arema di PGK 2018 tidak semulus yang dibayangkan. Nada sumbang datang saat Arema kalah adu penalti melawan PSIS. Dari ranah sosial media kebanyakan pesan miring berdatangan. Namun, Joko nampak cuek dan yakin dengan keputusannya.

Ridwan Tawainella saat mencoba menyerang dari sisi kiri. | Foto: Arema FC
Ridwan Tawainella saat mencoba menyerang dari sisi kiri. | Foto: Arema FC

Tetapi, kekalahan Arema melawan Borneo FC membuat Arema akhirnya mengubah target di PGK 2018. Usai kalah tagar #JokoOut nampak mengemuka di ranah sosial media dengan iringan kata yang tidak enak untuk dibaca, tetapi semua omongan miring itu berubah menjadi dukungan setelah Arema menang 3-1 melawan Mitra Kukar. Kemenangan yang membuat Arema menantang Persebaya Surabaya di babak semi-final.

PGK 2018 menjadi momen yang spesial buat Aremania dan Arema. Hal ini terjadi setelah Arema mampu menyingkirkan Persebaya dengan 2-0 pada babak semi-final. Kemenangan itu dinilai sangat penting bagi Arema mengingat rivalitas yang terjalin diantara keduanya.

Sayang, di babak final Arema tidak mampu menang melawan Sriwijaya FC walaupun sudah bermain dengan sangat bagus. Laga kedua pramusim ini berhasil dituntaskan Sriwijaya dengan kemenangan dengan skor 3-2.

Walaupun menduduki peringkat kedua, Arema tetap bisa bangga karena selain prestasi ini lebih baik dibandingkan tahun 2016, ada salah satu pemainnya yaitu Kurniawan Kartika Aji mendapatkan predikat sebagai pemain muda terbaik.

Jadwal dan Hasil Arema di Piala Gubernur Kaltim 2018

Babak Penyisihan

Klasemen Grup A

PosKlubPFAGDPts
134228
236514
334404
4347-32

Klasemen Grup B

PosKlubPFAGDPts
136248
233216
335503
4325-31

Semi-Final

TanggalHomeSkorAwayLeagueMusimLokasiArtikel
PGK2018

Final

TanggalHomeSkorAwayLeagueMusimLokasiArtikel
PGK2018

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.