Beranda Profil Pemain Profil Adam Alis, Luka Modric-nya Arema FC

Profil Adam Alis, Luka Modric-nya Arema FC

0
Adam Alis mencetak gol yang membuat Arema kalahkan Sriwijaya FC
Adam Alis mencetak gol yang membuat Arema kalahkan Sriwijaya FC

Dia punya kemampuan menjelajah lapangan, punya umpan bagus, dan tendangan yang mematikan. Dia adalah rekrutan baru Arema, Adam Alis.

Adam Alis datang ke Arema dari Barito Putera di musim kompetisi 2017. Dirinya datang setelah Singo Edan ditinggal pergi sejumlah pemain tengahnya seperti Raphael Maitimo hingga Nickholas Kalmar.

Dikutip dari laman Four Four Two, Adam Alis menjadi pemain sepakbola karena ada pujian dari Ketua RT di wilayahnya saat menjadi juara kampung, Adam yang dinilai bermain bagus kemudian menekuni secara total olahraga si Kulit Bundar itu.

Adam kemudian latihan di SSB Persigawa, di mana ia sempat bermain di final Danone National Cup wilayah Jakarta dan bertemu dengan pemain idolanya, Bambang Pamungkas. Pelajaran sepakbolanya lalu dilanjutkan ke SSB ASIOP, di mana ia menghabiskan masa-masa SMP dan SMA-nya.

Karier Adam bisa dikatakan berjalan mulus sejak lulus SMA. Ia sempat bermain di salah satu klub internal Persija Jakarta, sebelum pindah ke klub divisi tiga Liga Indonesia, Persitangsel Tangerang Selatan, pada 2012. Martapura FC lalu merekrutnya setahun kemudian, dan karier profesionalnya pun dimulai di klub divisi utama tersebut.

Berkat rekomendasi Iwan Setiawan, pelatih Pusamania Borneo FC saat itu yang telah melihat bakat Adam secara langsung di Divisi Utama, klub idola masa kecil Adam, Persija Jakarta, merekrutnya untuk skuat Persija di Indonesia Super League 2015.

Sayang kariernya di klub ibukota hanya bertahan beberapa bulan. Terhentinya ISL 2015 karena kisruh sepakbola nasional dan masalah tunggakan gaji yang lagi-lagi terjadi di Persija membuatnya mundur dan sempat akan banting setir menjadi tentara pada Agustus 2015. Tapi, sebulan kemudian, ketika sedang menjalani seleksi sebagai tentara, Adam malah mendapatkan tawaran bermain di kompetisi tertinggi di Bahrain bersama East Riffa. Adam pun melupakan karier sebagai tentara dan kembali ke dunia sepakbola profesional.

Adam bermain cukup baik selama di Bahrain, bermain sekitar 60% dari jumlah pertandingan East Riffa selama ia di sana dan sempat membuat sebuah assist yang memberikan timnya kemenangan. Sayang kontraknya diputus pada Januari ini setelah putaran pertama liga Bahrain berakhir, karena alasan kebutuhan tim. Dia pun ke Indonesia untuk bergabung dengan Barito Putera di turnamen Indonesian Soccer Championship 2016.

Adam pertama kali dipanggil ke timnas pada tahun 2015 lalu, tepatnya ketika diadakan seleksi timnas U-23 untuk SEA Games 2015 dan Kualifikasi Piala Asia U-23. Ia dipanggil seleksi tahap tiga oleh pelatih timnas U-23, Aji Santoso, dan berhasil masuk dalam tim.

Debutnya terjadi di laga kualifikasi Piala Asia U-23 melawan Timor Leste, dan Adam langsung bersinar. Satu gol dan satu assist ia catatkan, yang sontak membuat para pecinta sepakbola Indonesia membicarakannya. Namanya masuk ke daftar trending topic nasional pasca pertandingan yang berakhir dengan kemenangan 5-0 bagi Garuda Muda tersebut. Singkatnya, Adam langsung jadi bintang.

Adam juga bermain untuk timnas di SEA Games 2015 di Singapura, dan berhasil melaju ke semifinal sebelum takluk 5-0 dari Thailand dan kembali dibantai dengan skor yang sama oleh Vietnam di perebutan medali perunggu.

PROFIL ADAM ALIS

Nama Panggilan Adam Alis Setyano
Kebangsaan Indonesia
Tanggal Lahir 9 Des 1993
Tempat Lahir Jakarta
Tinggi Badan 172
Berat Badan 58
Posisi Gelandang
Karier Klub
Sebelum Arema Barito Putera
2017 Arema
Setelah Arema
Karier Timnas

STATISTIK ADAM DI AREMA

Liga 1

MusimKlubDurasiMainStarterSubsBenchGoalAssisKuningMerahWin RatioDraw RatioLoss RatioOG
2017Arema2354312566163041.9429.0329.030
Total-2354312566163041.9429.0329.030

Tinggalkan Komentar