Beranda Profil Pemain Profil Hendro Kartiko, Sempat Terbelit Dualisme Kontrak

Profil Hendro Kartiko, Sempat Terbelit Dualisme Kontrak

0
Hendro Kartiko saat membela tim nasional Indonesia
Hendro Kartiko saat membela tim nasional Indonesia

Hendro Kartiko adalah pemain Arema Malang pada musim 2007/2008, siapa sangka sebelum bergabung di Arema kala itu dia sudah punya sejarah panjang dengan Arema.

Berawal dari musim kompetisi 2002, pemain kelahiran Banyuwangi yang saat itu memperkuat PSPS Pekanbaru mendapatkan sanksi dari komdis PSSI karena melakukan pemukulan terhadap wasit Subandi saat melawan Persijatim. Dari laga yang berkesudahan dengan skor 1-0 itu dirinya bersama Bejo Sugiantoro dan Aples Tecuari dihukum selama satu tahun.

Saat menjalani hukuman di tahun 2003, Hendro di saat itu menjalani latihan bersama tim Arema Malang yang saat itu dilatih oleh Henk Wullems dan Gusnul Yakin. Apalagi di saat itu Hendro juga sedang punya pacar orang Malang yang kemudian dinikahinya yaitu Erik Erika.

Di tahun 2004, saat Arema mulai membentuk tim di Divisi I, Hendro akan dikontrak bersama Bejo. Sayang dirinya ternyata terlibat dualisme kontrak bersama Persebaya Surabaya, Arema sendiri kabarnya juga sempat memberikan uang muka kepada Hendro sebesar 10 juta rupiah. Kedua tim saling klaim terhadap dua pemain dan tidak mau mengalah hingga akhirnya ketua PBNU Jawa Timur yaitu Hasyim Muzadi mendamaikan dua klub tersebut di Pondok Pesantren Al Hikam 12 November 2003.

Di pertemuan itu sepakati bahwa Bejo Sugiantoro dan Hendro Kartiko akhirnya menjadi pemain Persebaya, dan Ketua Harian Persebaya kala itu Alm. H. Santo meminta maaf kepada perwakilan Arema, Darjoto Setiawan, Satriya B.W. dan Alm. Gandi Yogatama beserta Aremania atas kelakuan Bejo, Hendro. Sementara, keputusan Hendro untuk bermain di Persebaya terbilang tepat karena Bajul Ijo kemudian menjadi juara Liga Indonesia 2004.

Di tahun 2007, saat Arema diarsiteki oleh Miroslav Janu, Hendro bergabung dengan Singo Edan. Dalam sebuah wawancara dengan koran lokal. Hendro mengaku jika dirinya bergabung dengan Arema karena pernah janji untuk bermain di Malang setelah ada masalah di tahun 2004. Di tahun 2007, selain Hendro di Arema juga ada Ahmad Kurniawan dan Hengki Oba.

Pemain yang sudah memperkuat timnas Indonesia sejak tahun 1997 itu menjadi aktor penting di bawah mistar Arema di dua kompetisi yaitu Liga Indonesia 2007 dan Liga Champions Asia 2007.

Salah satu momen yang cukup penting di tahun 2007 adalah keberhasilan Hendro menahan tuan rumah Persebaya di pertandingan terakhir Liga dengan skor 1-1. Padahal hari itu, cacian dan makian dari Bonek menghampiri dirinya karena dianggap sebagai didikan Surabaya. Skor itu membawa Arema lolos ke babak delapan besar.

Hendro Kartika di tahun 2013 kembali ke Arema sebagai pelatih kiper
Hendro Kartiko di tahun 2013 kembali ke Arema sebagai pelatih kiper

Hendro Kartiko Kembali Ke Arema

Di musim 2013, Hendro kembali ke Arema. Dirinya yang baru saja pensiun diajak oleh pelatih Arema Rahmad Darmawan untuk melatih kiper. Pengalamannya yang cukup bagus di kancah sepakbola Indonesia diharapkan mampu memberikan inspirasi kiper Arema yang ketika itu digawangi oleh Kurnia Meiga, I Made Kadek Wardana, Ahmad Kurniawan, dan M Natshir.

“Saya diajak pelatih Rahmad Darmawan ke Arema dan saya langsung menyetujui. Bagi saya ini sebuah tahapan yang bagus, karena saya langsung mengawali karier kepelatihan di sebuah klub besar. Walaupun saya masih harus banyak belajar untuk menjadi seorang pelatih,” kata pemain yang mengakhiri karirnya dengan 60 caps di timnas seperti yang dikutip dari Okezone.

“Jelas senang lebih dekat dengan keluarga. Sejak dulu saya ingin kembali ke Malang karena keluarga ada di sini. Bahkan sejak masih menjadi pemain, jika musim kompetisi libur saya lebih sering menghabiskan waktu di Malang,”

Di musim 2014, Hendro kemudian bergabung dengan tim lain dan di saat itu posisi pelatih kiper Arema digantikan Alan Haviludin.

Profil Hendro Kartiko
Nama Lengkap Hendro Kartiko
Nama Panggilan Hendro
Kebangsaan Indonesia
Tanggal Lahir 24 April 1973
Tempat Lahir Banyuwangi
Tinggi Badan
Berat Badan
Posisi Kiper
Karier Klub
Sebelum Arema Persija
2007 Arema
Setelah Arema Persija
Karier Timnas
66 caps

Tinggalkan Komentar