Beranda Profil Pemain Profil Lulut Kistono, Jagal Arema Dari Surabaya

Profil Lulut Kistono, Jagal Arema Dari Surabaya

0
Lulut Kistiono Arema | Foto: PinggirLapangan.com
Lulut Kistiono Arema | Foto: PinggirLapangan.com

Tidak banyak pemain Arema yang berasal dari Surabaya, salah satu orang yang cukup langka tersebut adalah Lulut Kistono. Sang jagal!

Lulut punya wajah dan perawakan yang mirip doyok sehingga kerap dinamakana Lulut ‘Doyok’ Kristiono. Dia bergabung di Arema pada Galatama musim 1990/1991. Meskipun seperti pelawak wajahnya, dirinya dikenal sebagai tukang jagal dengan permainan tanpa kompromi khas Arema. Dirinya direkrut dari Arseto Solo.

Selama bermain di Arema, Lulut adalah pemain inti yang tidak tergantikan. Setahun usai tampil apik di Malang, Lulut bergabung dengan Mitra Surabaya yang merupakan klub besar di kompetisi Galatama.

Saat mengawali musim Galatama terakhir 1993/1994, di pertandingan awal musim dirinya berkelahi hebat dengan striker Arema yang juga mantan sahabatnya di Arema, Singgih Pitono. Lulut pun menceritakan kejadian yang sampai membuat dapurnya berhenti berdetak karena hukuman dua tahun yang dia terima.

“Sebuah duel, saya disikut Singgih Pitono. Kejadiannya sangat cepat sehingga terjadi perkelahian. Sebelumnya, saya sempat menegur Singgih karena saya berkawan baik saat dia di Arema namun dia tidak menghiraukannya, dan mungkin karena masih muda sehingga langsung saya pukul saja, ketika itu emosi masih tinggi,” kenang Lulut.

“Saya kemudian terkena skorsing selama dua tahun, kemudian saya ke Jakarta untuk menemui ketua PSSI, Azwar Anas. Dari sana saya mendapatkan keringanan selama setahun.”

Mitra Surabaya melawan Arema Malang di Galatama 1993, pertandingan yang membuat Lulut Kistiono mendapatkan Sanksi dari PSSI
Mitra Surabaya melawan Arema Malang di Galatama 1993, pertandingan yang membuat Lulut Kistono mendapatkan Sanksi dari PSSI | Foto: 2Brother

Setelah sanksi selesai, dirinya kemudian memperkuat Barito Putra hingga kemudian memutuskan Pensiun di tahun 2000. Usai pensiun, Lulut Kistono memilih menjadi pelatih.

Barito Putra, Persikubar Kutai Barat, KSB (Kabupaten Sumbawa Barat), dan Deltras Sidoarjo pernah ditangan. Di sela-sela menangani tim luar Surabaya, Lulut masih menyempatkan berbagi ilmu di klub asalnya, Indonesia Muda (IM), klub anggota internal Pengcab PSSI Surabaya.

Update: Saat PSSI dibekukan seperti ini, ketika kompetisi berhenti Lulut banyak membantu istrinya berjualan onde-onde di kawasan Surabaya. Berjualan onde-onde dinilai lebih menghasilkan dibandingkan melatih tim dengan kondisi sepakbola Indonesia yang tidak menentu.

Lulut Kistono
Nama Lengkap Lulut Kistono
Nama Panggilan Doyok
Kebangsaan Indonesia
Tanggal Lahir Surabaya, 26 Maret 1968
Posisi Bek
Karier Klub
1990/1991 Arema
Sebelum Arema Arseto Solo
Setelah Arema Barito Putra

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.