Beranda Profil Pemain Muhammad Rafli, Gelandang Muda Serba Bisa Arema FC

Muhammad Rafli, Gelandang Muda Serba Bisa Arema FC

0
Muhammad Rafli pada sesi latihan Arema FC
Muhammad Rafli pada sesi latihan Arema FC

Aturan penggunaan pemain dibawah usia 23 tahun kembali membuat Arema FC mendatangkan pemain muda. Untuk posisi playmaker, Aji Santoso memantapkan pilihan kepada Muhammad Rafli.

“Tidak semua siswa akademi saya bisa bermain di profesional dulu, di Arema tuntutannya sangat besar. Saat ini hanya Muhammad Rafli saja yang bisa bergabung dia bisa bermain di posisi tengah dan second striker,” yakin Aji mengomentari bergabungnya Rafli.

Kemampuan Rafli mengolah si kulit bundar memang sudah teruji. Beberapa kali event internasional dia ikuti. Selain timnas U-19 2016 lalu, dia juga terpilih sebagai pemain untuk Nike Most Wanted 2016, sebuah ajang yang pernah diikuti oleh Evan Dimas.

Dua nama yang dikirim Indonesia mengikuti event tahunan yang diadakan Nike Academy ini, salah satunya adalah Rafli. Dia bersama Muhammad Afif Putra Adri yang mendapatkan latihan secara khusus di Perancis. Total ada 42 pemain yang berasal dari berbagai negara, termasuk Brasil, Spanyol, Italia, Inggris, dan negara lain yang mengirim delegasi muda mereka.

“Ya pasti senang dapat kesempatan itu, karena seleksinya juga tidak mudah,” kata pemain kelahiran Jakarta 24 November 1998 ini.

Meski punya pengalaman banyak di level junior, namun bagi publik sepakbola Malang, nama ini lagi-lagi adalah sosok asing. Namun, pemain tersebut tidaklah asing di mata Aji sebab dia adalah siswa dari ASIFA (Aji Santoso International Football Academy) selain itu sosoknya juga pernah dibawa sang pelatih ketika turnamen Sunrise Of Java 2015 di Banyuwangi dan juga memperkuat tim nasional U-19 pada tahun 2016 lalu.

Rafli pun menyambut tantangan sang pelatih, pemain yang musim 2015 lalu memperkuat Bhayangkara FC ini berlatih dengan sangat keras. Dia juga tidak serta merta mendapatkan kontrak, melainkan mengikuti ketatnya seleksi di Arema bersaing dengan beberapa pemain muda lain. Namanya pun terpilih di saat Arema membutuhkan pemain di lini tengah yang bisa membagi bola.

Bagi Muhammad Rafli, bergabung di Arema memberikan harapan dia untuk memulai karir di kancah profesional. Apalagi sosok tersebut juga mengidolakan gelandang Arema lain yaitu Ahmad Bustomi.

“Sebenarnya hampir semua pemain Arema adalah idola saya, tetapi yang paling saya suka adalah Ahmad Bustomi, dia adalah pemain yang cukup tenang di lapangan tengah. Kita pernah bermain melawan dia saat di Banyuwangi. Kini bisa bermain bersama dan itu suatu kebanggaan bagi saya,” ujarnya.

Sang pemain menjalani debut pada ujicoba melawan Braling All Star. Dirinya mampu tampil memukau dengan kreasi satu gol Nasir. Tetapi penampilannya menurun ketika Arema menjalani ujicoba Trofeo Bhayangkara dan bisa diperbaiki saat pertandingan perdana Piala Presiden, dia sempat melakukan dua kali tembakan tepat sasaran.

“Mungkin kita sebagai pemain muda tegang sekali, karena ini baru pertama kalinya bermain di Kanjuruhan. Tetapi, kemudian kita bisa menyesuaikan diri meskipun di babak pertama,” tegasnya.

Akan ada banyak pertandingan di Singo Edan yang nanti bakal menjadi ujian bagi Rafli. Hampir sama dengan pemain muda lain, mereka tidak ingin aturan pemain U-23 melemahkan mereka. Karena penggunaan aturan ini bisa jadi hanya dipakai musim ini untuk mencari pemain tim nasional pada kancah SEA Games dan Asian Games. Rafli pun tahu keadaan itu dan dia ingin berusaha keras agar bisa mendapatkan kesempatan lebih banyak.

“Kita senang bisa mendapatkan tempat starter, tetapi tidak mudah bermain di Arema. Saya juga tidak ingin bermain karena bantuan dari regulasi U-23. Mungkin kerja keras juga akan kita lakukan semaksimal mungkin,” tegasnya.

Profil Muhammad Rafli

Liga 1

MusimKlubDurasiMainStarterSubsBenchGoalAssisKuningMerahWin RatioDraw RatioLoss RatioOG
2017Arema3216515000050.0016.6733.330
Total-321651500005016.6733.330
Nama Muhammad Rafli
Nama Panggilan Play
Kebangsaan Indonesia
Tanggal Lahir 24 November 1998
Tempat Lahir Malang
Tinggi Badan
Berat Badan
Posisi Playmaker
Karier Klub
Sebelum Arema Bhayangkara FC U-21
2017 Arema
Setelah Arema
Karier Timnas

Tinggalkan Komentar