Home Fokus Profil Ryuji Utomo, Pemain Muda Rekrutan 2016

Profil Ryuji Utomo, Pemain Muda Rekrutan 2016

6820
0
SHARE
Ryuji Utomo pada debut perdana melawan Madura United
Ryuji Utomo pada debut perdana melawan Madura United

Ryuji Utomo Prabowo, begitu nama pemain blasteran Indonesia dan Jepang ini. Pria kelahiran 1 Juli 1995 ini memulai karir sepakbolanya dari Deportivo SAD, sebuah proyek pelatihan sepakbola dari Nirwan Bakrie yang dilakukan di Uruguay.

Sekembali dari SAD, Ryuji sempat bermain di timnas U-19 asuhan Indra Sjafri pada tahun 2013 hingga 2014. Dirinya banyak bermain sebagai pengganti Hansamu Yama Pranata dan Syahrul Kurniawan. Sehingga selama setahun dia bermain sebanyak 10 kali dan mampu mencetak satu gol.

Saat mulai menapaki karir profesional, Mitra Kukar tertarik ingin mendatangkan pemain bertinggi 183 centimeter ini. Namun, kompetisi yang berhenti di tengah membuat dia belum sempat menikmati karirnya sebagai pemain pro. Tetapi, kemudian melalui agennya ada tawaran dari Al Najma, klub asal Bahrain.

Di Timur Tengah, tidak diketahui bagaimana performa dia, namun yang jelas dia hanya bertahan semusim untuk kemudian bergabung dengan Arema Cronus. Debutnya di Arema terjadi saat Singo Edan bermain di laga ujicoba melawan Madura United. Pemain kelahiran Jakarta itu masuk di babak kedua menggantikan Kiko Insa.

Di Arema, kini Ryuji bakal lebih banyak mendapatkan kesempatan mengingat gemarnya Milo dengan anak muda. Dia juga bermain apik di pertandingan Piala Gubernur Kaltim melawan Persela Lamongan. Diakuinya, mentor dari Hamka Hamzah sebagai pemain senior membuat dia tampil tanpa beban dengan mengurangi beberapa kesalahan.

“Saya selalu mencoba tampil maksimal dan berharap lebih baik dan lebih baik di setiap pertandingan jika diturunkan oleh pelatih,” jelas Ryuji.

Selama perhelatan ISC 2016, Ryuji mampu tampil menawan kendati hanya menjadi pilihan ketiga setelah Goran Ganchev dan Hamka Hamzah. Meski demikian, dia mampu mencetak gol manakala Arema melawan PS TNI di Bogor. Sayang ketika itu Arema gagal menang.

Menjelang Liga 1 musim 2017, Ryuji secara mendadak berpamitan kepada rekan-rekannya. Hal ini dikarenakan kabarnya sang Ayah mengalami sakit sehingga Ryuji ingin bermain di klub yang berada di wilayah Jakarta.

Profil Ryuji Utomo Prabowo
Nama Panggilan Ryuji
Kebangsaan Indonesia
Tanggal lahir 1 Juli 1995
Tempat lahir Jakarta
Tinggi Badan 1.83 m
Posisi Bek
Karier junior
2011-2013 Deportivo SAD
2014- Persib U21
Karier senior*
Tahun Tim
2015 Mitra Kukar
2015-2016 Al-Najma
2016 Arema Cronus
2017 Persija Jakarta
Tim nasional
2013-2014 Indonesia U-19
2015-… Indonesia U-23

Tinggalkan Komentar