Sudah Setahun, Menunggu Stadion Baru Arema

Sudah Setahun, Menunggu Stadion Baru Arema

24927
2
SHARE

Gong kompetisi Indonesia Super League 2015 akan segera ditabuh. Setelah rehat selama beberapa bulan lamanya, publik sepakbola Malang akan dimanjakan kembali dengan kompetisi baru yang telah memasuki musim ketujuh.

Satu-satunya tim kebanggaan warga Malang Raya yang berkiprah di ISL 2015, Arema terus menempa diri dalam sesi pramusim kompetisi. Setelah sukses mempertahankan gelarnya dalam turnamen mini bertajuk Trofeo Persija, tim Singo Edan digeber mentalnya dengan mengikuti SCM Cup 2015.

Selain persiapan teknis, mantan juara ISL 2009-10 tersebut disibukkan dengan ihwal nonteknis yang dilakukan oleh manajemen tim Singo Edan.

Selain berusaha mencari pendanaan secara swadaya, manajemen Arema masih memiliki gawe besar dalam mewujudkan cita-cita sepakbola industri yang telah dicanangkannya beberapa waktu lalu. Jika tak ada aral melintang awal tahun ini semestinya proses pembangunan stadion internasional berkapasitas 65.000 penonton akan dimulai.

Stadion yang akan dimiliki oleh Arema tersebut digadang-gadang terealisasi empat tahun mendatang dengan estimasi biaya mencapai hampir 1 trilyun rupiah. Digadang-gadang wujud stadion baru tersebut akan mirip dengan Stadion Emirates yang menjadi homebase Arsenal, salah satu klub Liga Premier Inggris. Tak tanggung-tanggung, Aremania sendiri rencananya akan dilibatkan dalam menentukan konsep dan pengelolaan stadion baru ini.

Untuk mewujudkan proyek stadion yang bakal menjadi pusat bisnis dan kegiatan Arema tersebut, rencananya membutuhkan luasan lahan hingga 35 hektar. Dikutip dari Wearemania, proses pembebasan lahan telah dimulai setahun yang lalu. Namun hingga minggu ke-3 Juni 2014 lalu, proses pembebasan lahan belum sampai sepersepuluhnya.

“Masih terus berproses di pembebasan lahan, sekarang baru kurang lebih 1 ha. Untuk lapangannya saja belum cukup,” kata petinggi Arema, Iwan Budianto kepada Wearemania, 23 Juni 2014 lalu.

Malang Raya sedikitnya memiliki dua buah stadion yang sanggup menggelar event skala Indonesian Super League, yaitu Stadion Gajayana yang terletak di tengah Kota Malang serta Kanjuruhan yang terletak di Kepanjen, Kabupaten Malang.

Kedua stadion tersebut mampu menampung penonton antara 27.000 – 40.000 penonton. Namun seiring keterbatasan fasilitas dan konsep yang dimiliki, Arema membutuhkan stadion yang lebih baik seperti halnya Gelora Bandung Lautan Api yang akan menjadi markas tim juara ISL 2014, Persib Bandung.

Perwujudan stadion baru diharapkan dapat mengeliminir beberapa permasalahan Arema seputar penyelenggaraan pertandingan sepakbola. Tak ada lagi cerita suporter yang kehabisan tempat duduk kala datang ‘terlambat’ ke stadion.

“Nantinya jika mimpi (membangun stadion baru Arema) itu jadi nyata, tidak ada Aremania yang berdesakan atau tidak kebagian tiket saat menonton Arema,” tandas CEO Arema, Iwan kepada Wearemania, 11 Agustus 2013 lalu.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY