Beranda Profil Pemain Tentang Sonny Kurniawan yang Disebut Mirip David Beckham

Tentang Sonny Kurniawan yang Disebut Mirip David Beckham

0
Sonny Kurniawan | Foto: Topskor
Sonny Kurniawan | Foto: Topskor

Pada perjalanan Arema musim 2004-05, ada sebuah sosok pemain yang oleh dibuatkan chant khusus oleh Aremania. Pemain itu adalah Sonny Kurniawan.

Sonny Kurniawan dilahirkan di Jakarta pada 17 Juli 1978, saat bergabung dengan Arema dirinya masih berusia 26 tahun. Dia didatangkan dari PSPS Pekanbaru yang saat itu tengah melakukan cuci gudang setelah proyek dream team yang dicanangkan gagal terwujud dengan gelar.

Sonny Kurniawan terbilang spesial di mata Aremania, di laga kedua Singo Edan pada Liga Pertamina Divisi I. Sonny mampu mencetak gol saat menghempaskan Persibom Bolaang Mongondow dengan skor telak 4-0. Gol dari Sonny cukup indah dan mengingatkan Aremania pada sosok David Beckham.

Panggilan yang tidak berlebihan mengingat Sonny mempunyai umpan silang yang melengkung dan seringkali memudahkan striker Arema Junior Lima untuk mengeksekusinya. Di sisi lain dia juga mempunyai tendangan bebas ciamik serta umpan yang bagus dari tendangan sudut.

‘Sonny Kurniawan.. Sonny Kurniawan.. koyok Bechkam..’ sebuah chant yang mengalir untuk aksi Sonny. Tahu namanya mulai dielu-elukan suporter, Sonny berusaha menunjukkan kemampuan terbaik. Arema pun dia anggap sebagai klub yang mampu membesarkan namanya di kancah pesepakbolaan Nasional.

Satu hal yang pasti, selain adanya dukungan dari Aremania yang militan. Karir kencang Sonny di Arema juga karena keberadaan Erol Iba, rekannya dari PSPS. Diakui Sonny jika adanya Erol yang menjadi kawannya paling akrab di Arema membuat dia merasa nyaman di Singo Edan. Sementara di sisi lain, pada saat itu Benny Dollo memang sangat mengandalkan serangan dari dua wing-back ini dengan pola andalan 3-5-2. Sonny di kanan dan Erol di kiri.

“Tetapi lambat laun saya juga mulai akrab dengan pemain lain di Arema. Kami semua sudah seperti keluarga sendiri dan punya keinginan yang sama untuk membawa Arema menjadi juara dan lolos ke Divisi Utama,” ucapnya pada saat itu.

Sayang, keberadaan Sonny di Arema tidak lama. Sebab setahun berikutnya Arema mendatangkan Alexander Pulalo. Sosok yang juga mantan pemain nasional itu mempunyai posisi yang sama dengan dirinya. Benny Dollo pun seringkali berpaling dan melupakan Sonny pada Divisi Utama 2005. Tidak heran Sonny kemudian ingin pergi dan destinasi selanjutnya adalah PSMS Medan.

Dari tahun ke tahun dia kemudian malang-melintang di sejumlah tim besar seperti Persija dan Persib Bandung dan akhirnya pensiun pada tahun 2013 di klub Madiun Putra.

Sebuah kejadian unik terjadi pada 2015 lalu, Sonny yang saat itu tengah melatih SSB nampak menjadi supir taksi Blue Bird di Jakarta. Penumpang yang kebetulan adalah Aremania itu mengenalinya. Sonny pun bertutur jika dia menjalani pekerjaan sebagai supir karena tuntutan kehidupan.

“Yang penting halal,” ucap Aremania menirukan Sonny.

PROFIL SONNY KURNIAWAN

Nama Sonny Kurniawan
Nama Panggilan Beckham
Kebangsaan Indonesia
Tanggal Lahir 17 Juli 1978
Tempat Lahir Jakarta
Tinggi Badan 170
Berat Badan 65
Posisi Wing Back
Karier Klub
Sebelum Arema PSPS
2004-2005 Arema
Setelah Arema PSMS
Karier Timnas

Tinggalkan Komentar